Wakili DPD di Pimpinan MPR, Fadel Muhammad Siap Perjuangkan Kursi Ketua

Oleh Liputan6.com pada 03 Okt 2019, 06:53 WIB
Diperbarui 03 Okt 2019, 06:53 WIB
Peneliti Adukan Kepala LIPI ke DPR
Perbesar
Fadel Muhammad (kanan). (Liputan6.com/Johan Tallo)

 

Liputan6.com, Jakarta - Fadel Muhammad terpilih jadi pimpinan MPR mewakili DPD untuk periode 2019-2024. Setelah terpilih sebagai pimpinan MPR dari DPD, Fadel mengaku akan berjuang untuk mendapatkan kursi Ketua MPR.

"Saya diminta oleh teman-teman DPD agar bisa memperjuangkan DPD menjadi Ketua MPR," kata Fadel di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Menurutnya, DPD adalah fraksi terbesar di parlemen. Karena itu, DPD dinilai layak mendapatkan kursi Ketua MPR.

"DPD adalah fraksi yang terbesar jumlahnya dibandingkan partai-partai yang lain, 136 (anggota), sehingga pantas untuk menjadi pimpinan, Ketua di MPR," ungkap Fadel.

Dia mengatakan, proses lobi akan segera dilakukan Kamis ini. Setidaknya ada empat partai yang akan dia temui, termasuk di antaranya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Saya juga akan ketemu dengan Ibu Mega, saya kenal baik dengan Beliau semenjak saya menjadi gubernur, menteri, saya dekat dengan Beliau. Saya akan konsultasi karena Beliau adalah pimpinan partai pemenang pemilu, kita hormati hal itu," ucap Fadel.

Terkait nama politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo yang digadang-gadang sebagai Ketua MPR, Fadel belum bisa berbicara banyak. Pasalnya, arah dukungan DPD di pemilihan Ketua MPR masih belum dibahas.

"Kita akan liat dulu kubu mana, kemudian kita menentukan sikap. Kita akan mendukung kepada kubu yang mau ada penguangatan terhadap DPD ke depan. Kalau kubu cuma foya-foya aja begitu, sorry aja. DPD yang baru lain dibandingkan yang ada," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Wakil dari DPD

Sebelumnya, DPD telah memilih Fadel Muhammad sebagai pimpinan MPR perwakilan dari DPD. Hal itu, disepakati dalam rapat pleno DPD di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/9/2019).

Fadel yang berasal dari wilayah timur I dipilih melalui sistem voting. Dalam pemilihan Fadel berhasil mengalahkan GKR Hemas, Yorrys Raweyai dan Dedi Batubara.

Hasilnya, Fadel mendapatkan 59 suara, Yorrys 16 suara, Dedi 5 suara, GKR Hemas 46 suara. Total surat suara sebanyak 126 dari 136 anggota DPD yang dilantik. Nama Fadel langsung disahkan dalam rapat pleno DPD.

"Menetapkan Saudara Fadel Muhammad sebagai pimpinan MPR dari unsur DPD RI apa bisa kita setujui?," kata Pimpinan Rapat Pleno Abraham Paul Lianto.

"Setuju," jawab peserta rapat.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓