Sukses

Fadel Muhammad Terpilih sebagai Pimpinan MPR dari DPD

Fadel Muhammad mengungguli tiga kandidat lain yakni GKR Kemas, Yorrys Raweyai dan Dedi Iskandar Batubara.

Liputan6.com, Jakarta- Fadel Muhammad terpiih menjadi Pimpinan MPR dari unsur DPD. Senator asal Gorontalo itu memenangi pemungutan suara pada Sideng Pleno Kelompok DPD RI pada, Rabu (2/10/2019) malam WIB.

Pria 67 tahun itu terpilih menjadi Pimpinan MPR usai mengalahkan tiga calon lain dari DPD yakni GKR Kemas, Yorrys Raweyai dan Dedi Iskandar Batubara.

Dalam pemungutan suara tersebut, Fadel Muhammad berhasil mengumpulkan 59 suara, GKR Hemas (46 suara), Yorrys Raweyai (16 suara), Dedi Iskandar (5 suara).

Sebelumnya, Sidang Pleno Kelompok DPD RI di MPR RI pada Rabu malam menyepakati dilakukan pemungutan suara atau "voting" untuk menentukan calon pimpinan MPR RI dari perwakilan DPD RI.

"Karena mekanisme musyawarah mufakat dari masing-masing calon tidak terjadi, maka dilakukan pemungutan suara," kata Ketua Kelompok DPD RI di MPR RI, Instiawati Ayus dalam Sidang Pleno Kelompok DPD di Gedung Nusantara V, Jakarta, Rabu, seperti dikutip dari Antara.

Fadel Muhammad sebelumnya pernah menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ketika itu Fadel menjabat selama dua tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.