Sukses

BMKG: Hujan Mulai Merata di Indonesia pada November

Januari sampai Februari adalah puncak musim hujan tahun 2019-2020.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, selama Oktober 2019, curah hujan di wilayah Indonesia bagian utara dalam level sedang. Sedangkan sebagian besar wilayah Indonesia masih dalam kategori rendah.

"Ini perkiraan kami sampai satu bulan ke depan, daerah yang berpotensi hujan itu Aceh dan Sumatra Utara, sebagian Kalimantan, sebagian Sulawesi, dan Papua. Dan potensi hujan untuk daerah Lampung masih rendah di bulan Oktober ini. Bukan berarti tidak ada hujan, hanya intensitasnya masih rendah," kata Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG Indra Gustari di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (2/10/2019).

Sementara untuk prediksi enam bulan ke depan, lanjut Indra, musim hujan akan terjadi merata di Indonesia mulai November, di mana puncak musim hujan terjadi pada Januari dan Februari 2020.

Di November, Indra melanjutkan, sebagian Jawa sudah mulai hujan walaupun kriterianya menengah. Dan Desember, sambung Indra, sebagian besar sudah memasuki musim penghujan.

"Sedangkan Januari sampai Februari adalah sebagai puncak musim hujan tahun 2019-2020. Sedangkan di Februari-Maret curah hujannya makin tinggi tapi Sumatra bagian utara mulai menurun," papar Indra.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.