Sukses

Pramono Anung: Jokowi Minta Pasal Kontroversial RUU KUHP Dikeluarkan

Menurut dia, Jokowi tak ingin pasal-pasal kontroversial dalam RUU KUHP nantinya menimbulkan banyak tafsiran.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan, Presiden Jokowi memberikan perhatian serius pada RUU KUHP yang banyak menuai kritik. Jokowi telah meminta DPR mengeluarkan pasal-pasal kontroversial dari RUU tersebut.

"Presiden sudah meminta untuk penundaan dan bicara  mendalam kepada tokoh-tokoh masyarakat, mahasiswa dan perguruan tinggi, agar tidak timbul kecurigaan kembali. Pasal-pasal yang menimbulkan kontroversi lebih baik dikeluarkan," kata Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (2/10/2019).  

Menurut dia, Jokowi tak ingin pasal-pasal kontroversial dalam RUU KUHP nantinya menimbulkan banyak tafsiran.

"Bagaimana pun jangan ada pasal yang multitafsir dalam pelaksanaan seperti UU ITE yang bisa multitafsir dan ini menimbulkan keresahan di masyarakat," ucap dia. 

Pramono kemudian menyinggung maraknya informasi haoks soal RUU KUHP. Akibat kabar bohong, banyak yang melakukan protes tanpa membaca terlebih dahulu isi draft RUU tersebut.

"Memang tidak gampang dalam sistem demokrasi yang sangat terbuka, semua orang bisa kritik apa saja," ujarnya.

DPR RI periode 2014-2019 menunda pengesahan RUU KUHP lantaran menuai penolakan dari publik. Publik menilai sejumlah pasal dalam RUU KUHP menimbulkan keresahan bila diterapkan. 

Meski demikian, RUU KUHP itu akan dibahas kembali oleh DPR periode 2019-2024 yang baru dilantik Selasa (1/10). Sebagai informasi, rencana mengubah RUU KUHP sudah didengungkan oleh Presiden Soekarno.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • RUU KUHP