3 Menteri Jokowi yang Menggundurkan Diri di Penghujung Jabatan

Oleh Maria Flora pada 02 Okt 2019, 14:12 WIB

Fokus, Jakarta - Perjalanan demokrasi bangsa Indonesia telah memasuki babak baru menyusul dilantiknya 575 orang sebagai wakil rakyat periode 2019-2024.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (2/10/2019), komposisi anggota parlemen yang baru berdampak pada susunan Kabinet Kerja Jokowi. Lantaran Puan Maharani yang sebelumnya menjabat Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan kini menduduki sebagai ketua DPR.

Selain itu, Yasonna laoly yang terpilih sebagai anggota DPR periode 2019-2024 memaksa dirinya juga harus mengundurkan diri.

Namun, Yasonna menepis anggapan pengunduran dirinya dikaitkan soal lepas tanggung jawabnya dengan produk hukum yang kontroversial seperti RKUHP.

Dari 34 posisi menteri kabinet kerja terdapat tiga kementerian tanpa menteri. Sebelumnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga ditinggalkan Imam Nahrawi yang mengundurkan diri lantaran tersandung kasus korupsi di KPK.

Agar tidak terjadi kekosongan menteri, maka Presiden Jokowi menunjuk Menaker Hanif Dhakiri untuk merangkap jabatan Menpora. Sementara, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumulo memegang kendali kementerian hukum dan HAM. Sedangkan Menko Perekonomian Darmin Nasution ikut merangkap sebagai Pelaksana Tugas Menko PMK.