Sukses

Bamsoet soal Maju Ketum Golkar: Hanya Saya, Tuhan, dan Airlangga yang Tahu

Bambang Soesatyo menyebut, akan cooling down sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Apakah itu sampai Munas Golkar Desember 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Bambang Soesatyo tidak bicara banyak soal niatan bertarung di Munas Partai Golkar. Mantan Ketua DPR ini telah didorong oleh DPP Golkar untuk maju sebagai calon ketua MPR.

Bamsoet, sapaannya, memutuskan cooling down dari pertarungan pucuk ketua umum Partai Golkar. Dia mengatakan, kondisi politik yang memanas dan ingin Golkar solid menghadapi tantangan, menjadi alasannya tak lagi ramai-ramai memanaskan bursa ketum Golkar seperti beberapa bulan sebelumnya.

Bambang Soesatyomenyebut, akan cooling down sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Apakah itu sampai Munas Golkar Desember 2019.

"Cooling down dalam arti dalam batas waktu yang tidak ditentukan," ujar Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa 1 Oktober 2019.

Dia mengatakan, hanya Tuhan, dirinya dan Ketua Umum Airlangga Hartarto yang tahu apakah bakal kembali maju menjadi calon ketua umum Partai Golkar.

"Biar saya, Tuhan yang tahu, sama Pak Airlangga," imbuhnya.

Bamsoet pun membantah isu bahwa ada tukar jabatan dengan Airlangga. Isu yang muncul, Airlangga didukung kembali memimpin Golkar,  sementara Bamsoet menjadi Ketua MPR.

"Atas kesadaran saya sendiri," ucap dia.

Soal pertarungan Airlangga dan Bamsoet, dipandang Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily sebagai sebuah proses politik. Ace mengatakan sebabnya Munas merupakan proses politik. Kata dia, butuh kesepahaman dan kesepakatan. Ace tidak menampik hasilnya adalah kondisi saat ini.

Dia mengatakan, situasi damai antara Bamsoet dan Airlangga salah satu cara yang tepat untuk menjaga soliditas partai. Posisi Golkar, menurut Ace, menjadi kunci menjaga soliditas koalisi pengusung Presiden Joko Widodo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Golkar Tunjuk Bamsoet Calon Ketua MPR

Partai Golkar telah mengambil keputusan terkait kadernya yang akan mengisi posisi pimpinan di DPR dan MPR. Golkar memutuskan, Bambang Soesatyo sebagai calon Ketua MPR.

"Menugaskan kepada Pak Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR dari Partai Golkar," ujar Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019).

Hal itu diputuskan dalam rapat internal yang dilaksanakan di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, usai pelantikan anggota Parlemen siang tadi. Rapat tersebut memutuskan pimpinan DPR, MPR, sampai fraksi. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto memimpin rapat tersebut.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.