Unggul Lewat Voting, La Nyalla Terpilih Jadi Ketua DPD RI 2019-2024

Oleh Mevi Linawati pada 02 Okt 2019, 08:07 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Perwakilan Daerah atau DPD menggelar rapat paripurna ketiga dengan agenda pemilihan ketua DPD RI, Selasa malam.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (2/10/2019), proses pemilihan ketua DPD masa jabatan 2019 hingga 2024 sempat diwarnai perdebatan lantaran sebelum voting digelar jumlah anggota yang hadir ada 132 orang.

Namun, setelah suara dihitung ada 134 orang atau lebih dua orang. Pimpinan sidang kemudian meminta maaf karena lupa menginformasikan ada dua anggota datang terlambat.

Usai penghitungan suara, hasil voting menunjukkan La Nyalla Mattaliti memperoleh 47 suara, disusul Nono Sampono 40 suara, lalu Mahyuddin 28 suara dan Sultan Bachtiar Najamuddin dengan 18 suara.

Sesuai dengan tata tertib, La Nyalla Mahmud Mattalitti ditetapkan sebagai Ketua DPD RI 2019-2024 dan pengambilan sumpah jabatan digelar di ruang rapat Nusantara V, Rabu dini hari, dipimpin Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.

"Kalau ini membuat baik buat kita semua, ya mudah-mudahan, saya sekarang ditakdirkan jadi ketua dan saya harus sesuai menjalankan apa yang pernah saya sampaikan tadi," kata Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Kini formasi pimpinan DPD, La Nyalla Mattalitti sebagai ketua didampingi tiga wakil ketua, yaitu Nono Sampono, Mahyuddin, dan Sultan Bachtiar Najamuddin.

La Nyalla pernah menjadi ketua PSSI lalu bergabung ke Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo Subianto sejak 2009 sebelum akhirnya mencalonkan diri sebagai senator dari Provinsi Jawa Timur.

Live Streaming

Powered by