Sukses

Puan Minta Komitmen Fraksi DPR soal Kehadiran Anggota di Rapat Paripurna

Puan Maharani menyebut, pimpinan DPR baru akan mencari formula supaya anggota dewan memiliki komitmen untuk hadir rakyat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR 2019-2024 Puan Maharani berharap fraksi-fraksi di DPR untuk mengimbau anggotanya datang ke agenda penting di DPR. Salah satunya adalah rapat paripurna.

Kehadiran anggota DPR di rapat paripurna menjadi sorotan. Padahal, anggota DPR periode 2019-2024 itu baru dilantik. Tercatat 285 dari 575 anggota yang hadir dalam rapat kedua paripurna DPR 2019-2024 yang beragendakan pelantikan pimpinan DPR.

"Ke depan kami mengharapkan komitmen pimpinan fraksi supaya bisa mengimbau anggotanya di acara-acara yang perlu kehadiran anggota untuk bisa datang ke acara tersebut," kata Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019).

Namun Puan tak memungkiri kehadiran anggota yang minim. Sebab, jumlah tersebut sudah memenuhi kuorum.

"Tata cara aturan memang kuorumnya 231 dan memang rapat paripurna sudah memenuhi kuorum," kata Puan Maharani.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencari Formula

Dia menyebut, pimpinan DPR baru akan mencari formula supaya anggota dewan memiliki komitmen untuk hadir rakyat. Namun, kata Puan, anggota DPR memiliki tanggung jawab di Dapil masing-masing untuk turun bertemu konstituen.

"Jadi memang harus ada formula atau mekanisme yang kemudian nanti mengatur bahwa selain menjadi tanggung jawab untuk turun ke Dapil ada juga tanggung jawab untuk melaksanakan apa fungsi di gedung DPR ini," ucap Puan.

Puan Maharani resmi menjadi Ketua DPR periode 2019-2024. Pelantikan dilaksanakan pada rapat paripurna DPR RI pada Selasa malam (1/10/2019).

Pelantikan dimulai pukul 19.30 WIB. Sidang paripurna pelantikan pimpinan DPR dipimpin Abdul Wahab Dalimunthe.

"Sesuai hasil rapat konsultasi dan perwakilan parpol bahwa pimpian DPR Puan Maharani dari PDIP sebagai Ketua DPR RI," kata Abdul Wahab.

Wakil Ketua DPR adalah Aziz Syamsuddin dari Fraksi Golkar, Sufmi Dasco dari Gerindra, Rahmat Gobel dari Nasdem, dan Muhaimin Iskandar dari PKB.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.