Golkar Yakin Bamsoet Terpilih Secara Musyawarah Jadi Ketua MPR

Oleh Liputan6.com pada 02 Okt 2019, 02:28 WIB

Diperbarui 02 Okt 2019, 03:17 WIB

Calon Ketua Umum Golkar

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi Golkar di MPR, Zainudin Amali yakin calon yang diajukan akan terpilih secara musyawarah mufakat sebagai ketua MPR. Calon ketua MPR itu adalah Bambang Soesatyo.

Amali adalah orang yang mendapatkan mandat untuk melakukan lobi dengan fraksi di MPR. Kata dia, dalam rapat konsultasi, semua fraksi sepakat untuk memilih ketua MPR melalui musyawarah, bukan voting. Dia yakin Bamsoet yang akan terpilih oleh mayoritas fraksi.

"Pada umumnya fraksi-fraksi menginginkan ini musyawarah mufakat. Kami punya keyakinan, Bamsoet bisa mendapat dukungan dari fraksi-fraksi lain. Kalau musyawarah mufakat, kan nanti hasilnya satu nama," ujar Amali di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10).

Saat ini saingan Bamsoet tinggal Ahmad Muzani dari Gerindra. Sebab, Muhaimin Iskandar yang getol mengincar posisi tersebut, menjadi wakil ketua DPR.

2 of 3

Akan Getol Berkomunikasi dengan Gerindra

Calon Ketua Umum Golkar
Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo mendeklarasikan diri sebagai calon ketua umum Partai Golkar saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (18/7/2019). Bamsoet mendeklarasikan diri sebagai pesaing Airlangga Hartarto bersama tiga orang lainnya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Amali bersyukur tinggal bersaing dengan Gerindra. Amali menyebut, pihaknya akan getol berkomunikasi dan lobi dengan Gerindra agar Bamsoet didukung oleh Gerindra.

"Saya kira kita komunikasikan lagi dengan Gerindra supaya calon kita pak Bambang Soesatyo bisa mendapatkan dukungan," kata dia.

Sementara itu, Amali melihat sinyal partai-partai lain dan DPD akan menyepakati nama Bamsoet sebagai ketua. Sebab, semua fraksi telah menyatakan akan memilih secara musyawarah.

"Saya merasa peluang besar untuk Bambang Soesatyo menjadi ketua MPR," kata Amali.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓