Sukses

Anies: Jakarta Miliki Kedekatan dengan Semua Daerah Terdampak Bencana

Anies juga menyebut, Pemprov DKI mengirimkan 79 orang petugas ke daerah yang terdampak asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan, pihaknya selalu mengirimkan tim ke daerah-daerah terdampak bencana. Hal tersebut menurut Anies berdasarkan rasa kedekatan Jakarta dengan daerah lain di Indonesia.

Salah satunya saat bencana gempa bumi melanda Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pemprov DKI  mengirimkan personel yang membantu proses pemulihan dampak bencana. Termasuk juga saat gempa bumi dan tsunami melanda Palu, Sulawesi Tengah tahun lalu.

"Kami di DKI Jakarta, sebuah kota dengan penduduk yang berasal dari seluruh Indonesia. Karena itu kami memiliki perasaan yang lebih dekat kepada begitu banyak wilayah setiap kali ada bencana-bencana alam yang menimpa saudara-saudara kita yang ada di berbagai belahan Indonesia," jelas Anies Baswedan di Balai Kota usai menyambut 79 personel yang bertugas di Jambi, Selasa (1/10/2019).  

Sekitar dua pekan lalu, Pemprov DKI juga mengirimkan 79 orang petugas ke daerah yang terdampak asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Setelah ditolak Pemerintah Provinsi Riau, tim tersebut dikirim ke Jambi dan saat ini telah kembali ke Jakarta. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi Anies Baswedan

Anies menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah setempat yang telah menerima bantuan dari DKI Jakarta. Termasuk juga mengapresiasi masyarakat Jambi.

"Kami ingin menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi juga masyarakat Jambi atas sambutan dan dukungannya sehingga mereka bisa bekerja dengan baik," jelasnya.

Anies mengatakan, kendati para tim telah kembali ke Jakarta, pihaknya tetap memantau kondisi wilayah yang terdampak asap karhutla. Dia berharap titik api baik di Pulau Sumatera maupun Kalimantan berhasil dipadamkan.

"Kita sekarang memantau perkembangannya. Mudah-mudahan api seluruhnya bisa tuntas baik di Sumatera maupun di Kalimantan. Dan kami di Pemprov DKI selalu siap berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri, bila kemudian dibutuhkan terlibat di dalam membantu penanganan asap maupun api," kata Anies.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.