Puan Jadi Anggota DPR, Darmin Nasution Ditunjuk Jadi Plt Menko PMK

Oleh Lizsa Egeham pada 01 Okt 2019, 15:23 WIB
Diperbarui 01 Okt 2019, 15:23 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution
Perbesar
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution. (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Kebudayaan dan Manusia (PMK). Darmin menggantikan Puan Maharani yang mengundurkan diri karena menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024.

"Plt-nya Pak Darmin Nasution. Akan ditetapkan segera," kata Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita saat dikonfirmasi, Selasa (1/10/2019).

Puan Maharani menyebut dirinya telah mengundurkan diri dari jabatan Menko PMK sejak 30 September kemarin atau sehari sebelum dirinya dilantik sebagai anggota DPR. Putri Presiden ke-5 RI itu juga telah pamit kepada Jokowi.

"Kemarin tanggal 30, saya sudah izin pamit pada Presiden untuk mengundurkan diri sebagai Menko PMK untuk bisa dilantik pada tanggal 1 Oktober ini sebagai Anggota DPR," ucap Puan di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Nama Puan kini menjadi kandidat kuat Ketua DPR RI. Hal tersebut berdasar posisi PDIP sebagai partai pemenang pemilu. Bahkan, Puan menyebut nantinya ia akan menjadi perempuan pertama yang menduduki kursi DPR 1.

"Nantinya akan pecah telor perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR setelah 74 tahun (merdeka)," ujar Puan.

2 dari 3 halaman

Plt Menkumham

Selain Puan, menteri Jokowi lainnya yaitu Yasonna Laoly telah terlebih dahulu mengundurkan diri sebagai Menteri Hukum dan HAM. Yasonna dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 dari PDIP.

Jokowi sendiri telah menunjuk Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebagai Plt Menkumham. Tjahjo dan Yasonna sama-sama politisi PDIP.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓