Profil Rachmat Gobel, Pimpinan DPR Terpilih Periode 2019-2024 dari Nasdem

Oleh Liputan6.com pada 02 Okt 2019, 07:29 WIB
Ini Komentar Mendag Usai Sidak Gudang Bulog

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 575 anggota DPR terpilih periode 2019-2024 resmi dilantik. Pelantikan ini berlanngsung di Gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta Pusat. Salah satu anggota DPR yang dilantik periode 2019-2024 adalah Rachmat Gobel. Mantan Menteri Perdagangan ini digaungkan akan duduk dalam pimpinan DPR oleh Partai NasDem.

"Kalau Nasdem sudah menunjuk pimpinan DPR RI dalam hal ini Wakil Ketua DPR RI adalah bapak Rachmat Gobel ya," ujar Sekjen Partai NasDem Johny G Plate.

Selain itu, menurut Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menilai, Rachmat Gobel memiliki catatan positif selama menjadi kader.

"Siapa yang tidak kenal Pak Rachmat Gobel, kita tahu lah semuanya, industriawan, entrepreneur, begitu juga pendidikannya dalam dan luar, pernah juga di birokrasi pemerintah sebagai Mendag. Dia tokoh yang bisa diandalkan paling tidak di Gorontalo sana amat sangat dihormati," kata Paloh.

"Orangnya cukup bersahaja, simpati, cool, kemampuan, wawasannya tidak kurang di atas memadai," sambungnya.

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Rachmat Gobel? Berikut ulasan profilnya: 

2 of 4

Pebisnis

Rachmat Gobel
Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Sebelum berkecimpung di dunia politik, Rachmat Gobel merupakan pebisnis. Sejak kecil, pria kelahiran 1962 ini telah diperkenalkan oleh sang ayah kepada perusahaan dan pengelolaannya.

Oleh karena itu, tak heran jiwa bisnis Rachmat Gobel tumbuh dan tertanam di dalam diri. Bahkan, dia juga pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Diketahui Rachmat Gobel juga, merupakan CEO Gobel Group yang membawahi sejumlah perusahaan di bidang manufaktur, perdagangan, logistik, sampai hotel dan pangan. Dia merupakan generasi kedua dari pemilik grup raksasa National Gobel.

Dia dikenal aktif menarik dan mempertahankan kepercayaan investor asing untuk menanamkan modal di usahanya.

Pada 1960, National Gobel membentuk kesepakatan dengan Panasonic Corporation yang awalnya bernama Matsushita Electric Industrial Co., Ltd. Panasonic merupakan salah satu perusahaan produsen barang elektronik paling unggul di dunia.

Sejak kesepakatan itu, Gobel Group pun menjadi rekan usaha gabungan Panasonic di Indonesia. Rachmat terkenal sangat berkomitmen dalam menjaga perusahaan warisan sang ayah bahkan di tengah masa krisis ekonomi.

 

3 of 4

Pegang Posisi Penting

Rachmat Gobel.
Menteri Perdagangan Periode 2014 - 2019 Rachmat Gobel. (Liputan6.com/Andrian Martinus Tunay)

Selain bergulat dengan Gobel Group, Rachmat Gobel juga memegang sejumlah posisi tinggi di perusahaan dan instansi lain. Ia pernah menjadi komisaris PT Smart Tbk.

Gobel juga menjabat menjadi wakil ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan wakil ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Lulusan Ilmu Perdagangan Internasional University of Tokyo ini pernah ditunjuk menjadi anggota Komite Inovasi Nasional oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yuhoyono karena kehandalannya berbisnis.

Selama menjalankan bisnis, Rachmat sering mendapatkan penghargaan seperti Perekayasa Utama Kehormatan dalam Bidang Teknologi Manufaktur dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Bahkan pada 2011, dia pernah menerima Asian Productivity Organization Regional Award, untuk kontribusinya meningkatkan produktivitas sektor industri Indonesia di Asia.

 

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Sumber   : Dream.co.id

 

(Desti Gusrina)

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓