Profil Sufmi Dasco Ahmad, Pimpinan Baru DPR Pengganti Fadli Zon

Oleh Liputan6.com pada 02 Okt 2019, 06:47 WIB
Sufmi Dasco Ahmad akan menggantikan Fadli Zon menjadi Wakil Ketua DPR RI dari Partai Gerindra

Liputan6.com, Jakarta - Anggota baru DPR dilantik hari ini, Selasa (1/10/2019) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat. 

Usai pelantikan, para anggota baru DPR ini nantinya juga akan melakukan rapat Badan Musyawarah atau Bamus yang diikuti oleh seluruh fraksi. Rapat itu guna menentukan jajaran pimpinan. 

Setelah itu, acara dilanjut dengan pelantikan pimpinan DPR. Pelantikan pimpinan DPR bisa dilakukan pada malam hari setelah rapat Bamus atau Selasa 2 Oktober 2019.

Salah satu yang duduk di kursi pimpinan DPR adalah Partai Gerindra. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad pun ditunjuk menjadi Wakil Ketua DPR periode 2019-2024.

Penunjukkan ini dilakukan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Dalam lima tahun ke depan, Dasco akan duduk di kursi pimpinan DPR.

Dia menggantikan Fadli Zon yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPR periode 2014-2019.

Lantas siapakah Sufmi Dasco? Berikut profilnya: 

2 of 6

Terjun Ke Politik

Sufmi Dasco Ahmad
Anggota MKD Sufmi Dasco Ahmad. (Ist)

Awal mula terjun ke dunia politik Sufmi Dasco Ahmad karena kedekatannya dengan Fadli Zon. Sufmi Dasco dan Fadli Zon merupakan rekan bisnis.

Kemudian, Dasco terlibat aktif saat Partai Gerindra mulai didirikan. Sejak 2008, dia menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra. Ia juga Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPP Partai Gerindra sejak 2008-2014.

Dasco terpilih sebagai Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) pada 30 Oktober 2014. Pada masa kerja 2014-2019, Sufmi Dasco Ahmad duduk di Komisi III yang membidangi hukum, keamanan, dan hak asasi manusia.

 

3 of 6

Pebisnis

Sufmi Dasco Ahmad akan menggantikan Fadli Zon menjadi Wakil Ketua DPR RI dari Partai Gerindra
Sufmi Dasco Ahmad akan menggantikan Fadli Zon menjadi Wakil Ketua DPR RI dari Partai Gerindra. (Merdeka.com)

Sebelum terjun ke dunia politik, Sufmi Dasco Ahmad adalah seorang pebisnis.

Beberapa perusahaan telah dipimpinnya, seperti PT Pasopati Indorisk, PT Omerta Cipta Securita dan PT Randika Dwa Perkasa.

Di perusahaan-perusahaan tersebut, Dasco duduk sebagai Direktur dan Direktur Utama.

 

4 of 6

Kuliah Hukum

[Bintang] Ilustrasi Hukum
Ilustrasi Hukuman (Sumber Foto: Pexels)

Sufmi Dasco Ahmad merupakan anak hukum. Di tiga universitas, dia selalu memilih fakultas hukum.

Pada 2005-2009, Dasco kuliah di Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Hukum. Kemudian pada 2009-2012, dia kembali kuliah di Universitas Islam Jakarta dengan mengambil fakultas hukum.

Setelah itu pada 2012-2015, Dasco kuliah di fakultas hukum lagi di Universitas Islam Bandung. Meski begitu, pada awal kuliah dia mengambil jurusan teknik, Fakultas Elektro di Universitas Pancasila.

 

5 of 6

Aktif Berorganisasi

Partai Gerindra Daftarkan 575 Bakal Calon Legislatif 2019
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (kanan) memberi keterangan pers usai penyerahan berkas pengajuan bakal caleg Gerindra di kantor KPU, Jakarta, Selasa (17/7). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sufmi Dasco Ahmad dikenal aktif berorganisasi. Banyak organisasi yang telah diikutinya.

Di antaranya adalah, Kongres Advokat Indonesia tahun 2011. Dia menjabat dewan pembina.

Organisasi-organisasi yang pernah diikuti Dasco di antaranya Serikat Pengacara Rakyat, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia, dan Satuan Relawan Indonesia Raya.

 

Reporter : Desi Aditia Ningrum

Sumber : Merdeka.com

6 of 6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓