Sukses

Ketua Umum Parpol, Menteri Hingga Kapolri Hadiri Pelantikan Anggota DPR 2019-2024

Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi tiba sekitar pukul 09.15 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 575 calon Anggota DPR periode 2019-2024 dilantik hari ini (1/10/2019). Pelantikan itu dilakukan di ruang Rapat Paripurna I atau yang biasa disebut Gedung Kura-kura di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta.

Pantauan merdeka.com, saat ini sejumlah petinggi partai sudah hadir di Kompleks Parlemen. Mulai dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Kemudian, mantan Ketua DPR sekaligus Politikus Golkar Akbar Tandjung, Politikus Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono dan Agus Harimurti Yudhoyono. Hadir juga Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin, Kepala BIN Budi Gunawan, serta Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Para menteri kabinet Presiden Joko Widodo pun tampak sudah hadir. Mulai dari Menteri BUMN Rini Soemarno, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menko PMK Puan Maharani. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga hadir dalam acara pelantikan.

Sementara Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi tiba sekitar pukul 09.15 WIB.

Pimpinan DPR dan MPR sudah memasuki ruang pelantikan. Mulai dari Bambang Soesatyo, Utut Adianto, dan Fadli Zon. Sedangkan pimpinan MPR yang hadir Zulkifli Hasan, Ahmad Basarah, Ahmad Muzani.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

24 Ribu Personel TNI/Polri Turun

Puluhan ribu aparat keamanan TNI/Polri turun demi mengamankan jalannya pelantikan anggota DPR di Gedung DPR MPR, Jakarta. Total ada sebanyak 24.870 personel gabungan yang diterjunkan.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyampaikan, rincian jumlah tersebut terdiri dari 16.400 personel Polri, 7.800 prajurit TNI, 570 petugas pemda, dan 100 anggota Pamdal DPR.

"PAM objek DPR, Istana, sentra-sentra ekonomi, dan objek-objek vital," tutur Dedi melalui pesan singkat, Selasa (1/10/2019).

Personel gabungan tersebut akan mengamankan Gedung DPR/MPR dengan pembagian tiga ring. Ring satu aula tempat kegiatan pelantikan, ring dua mencakup komplek Gedung DPR MPR, dan ring tiga di bagian halaman parkir.

"Sedangan di jalan-jalan anggota lantas dan sabhara laks pam, gaktur, dan patroli," jelas Dedi.

Pelantikan anggota DPR dilaksanakan pada Selasa (1/10/2019) pagi ini. Acara itu akan digelar di Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Sekjen DPR Indra Iskandar mengatakan, pelantikan akan dilaksanakan pukul 10.00-11.40 WIB.

"Di rundown acara jam 10.00 WIB, tapi kami minta anggota (DPR) datang lebih pagi jam 07.00," kata Indra saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Reporter; Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.