Live Report Pelantikan Anggota DPR, DPD dan MPR Periode 2019-2024

Oleh Nila Chrisna Yulika pada 01 Okt 2019, 11:51 WIB
Diperbarui 01 Okt 2019, 11:51 WIB
Gedung DPR

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 dilantik Selasa (1/10/2019) pagi ini. Acara itu digelar di Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Sekjen DPR Indra Iskandar mengatakan, pelantikan dilaksanakan pukul 10.00-11.40 WIB.

Susunan acara akan dimulai dengan pengumuman pimpinan sementara DPR/DPD/MPR RI oleh Sekjen DPR pada pukul 09.30 WIB. Selanjutnya, Presiden bersama Wapres dan Ketua KPU memasuki ruang sidang paripurna pada 09.58 WIB. Tepat pada pukul 10.00 WIB, sidang paripurna akan dimulai dengan pengucapan sumpah atau janji anggota DPR.

Rangkaian acara selesai pada pukul 11.40 WIB.

Kemudian akan dilakukan rapat Badan Musyawarah atau Bamus yang diikuti oleh seluruh fraksi. Rapat itu guna menentukan jajaran pimpinan.

Setelah itu, acara dilanjut dengan pelantikan pimpinan DPR. Pelantikan pimpinan DPR bisa dilakukan pada malam hari setelah rapat Bamus atau Selasa 2 Oktober 2019.

Ikuti perkembangan berita terkini pelantikan anggota DPR periode 2019-2024 langsung dalam Live Report di Liputan6.com:

11.50 WIB

Pelantikan anggota DPR, DPD dan MPR periode 2019-2024 selesai.

11.17 WIB

Pengambilan sumpah anggota MPR RI, pengambilan sumpah dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali.

11.06 WIB

Pelantikan anggota MPR RI dimulai, sidang pelantikan ini dipimpin oleh pimpinan sementara MPR yaitu Sabam Sirait sebagai anggota tertua dan Hillary Brigitta Lasut sebagai anggota DPR termuda.

11.02 WIB

Pelantikan anggota DPD ditutup.

10.59 WIB

Sebanyak 136 anggota DPD resmi dilantik. Setelah mengambil sumpah, mereka menandatangani sumpah janji secara simbolis. Selain itu para rohaniwan juga membubuhkan tandatangan janji anggota DPD.

10.45 WIB

Pelantikan anggota DPD dimulai. Sekretaris Jenderal DPD RI Reydonnyzar Moenek membacakan satu persatu anggota DPD yang terpilih dan siap diambil sumpah jabatannya.

10.35 WIB

Pelantikan anggota DPR resmi ditutup.

10.26 WIB

Sebanyak 575 Anggota DPR periode 2019-2024 resmi dilantik setelah mereka mengucap sumpah yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali. Setelah mengambil sumpah, mereka menandatangani sumpah janji secara simbolis. Selain itu para rohaniwan juga membubuhkan tandatangan janji anggota DPR. Ketua MA Hatta Ali juga ikut menandatangani berita acara sumpah janji anggota DPR.

10.15 WIB

Pengambilan sumpah anggota DPR RI periode 2019-2024 oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.

10.00 WIB

Acara pelantikan anggota DPR RI dimulai. Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta. 

09.45 WIB

Pimpinan sementara DPR, DPD, dan MPR telah ditentukan. Ketua dan wakil ketua yang ditunjuk merupakan anggota paling tua dan paling muda. Ketentuan tersebut tertuang dalam UU MD3.

Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar mengumumkan nama Ketua DPR sementara adalah Abdul Wahab Dalimunthe dari Partai Demokrat Dapil Sumut 1 sebagai anggota tertua. Sementara, wakilnya adalah Hillary Brigitta Lasut sebagai anggota DPR termuda dari Nasdem Dapil Sulawesi Utara.

Pimpinan DPD sementara diumumkan oleh Sekjen DPD Donny Moenek. Donny mengumumkan nama terpilih sebagai ketua adalah Sabam Sirait anggota DPD terpilih tertua berumur 82 tahun dari Dapil DKI Jakarta. Wakil ketua adalah Zialika Maharani sebagai anggota DPD termuda berumur 22 tahun dari Dapil Sumsel.

"Tertua nama Sabam Sirait (82) provinsi DKI Jakarta. Termuda, nama Zialika Maharani (22) Provinsi Sumsel," kata Donny.

Untuk pimpinan MPR dipilih perwakilan dari DPR dan DPD. Anggota tertua menjadi ketua, dan termuda mengisi wakil ketua.

Anggota DPD Sabam Sirait dipilih menjadi ketua MPR sementara. Sedangkan, anggota DPR Hillary Brigitta Lasut dipilih sebagai wakil ketua MPR sementara. Pengumuman itu dibacakan Sekjen MPR Maruf Cahyono.

09.40 WIB

Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin tiba di gedung Kura-Kura untuk menghadiri pelantikan anggota DPR.

09.15 WIB 

Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi tiba di gedung DPR. Jokowi dan Iriana langsung memasuki Gedung Kura-Kura tempat pelantikan anggota DPR periode 2019-2024. Wartawan tak boleh mendekat dan hanya sampau Gedung Nusantara III DPR.

09.00 WIB

Sejumlah petinggi partai sudah hadir dalam di Kompleks Parlemen. Mulai dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Kemudian, mantan Ketua DPR sekaligus Politikus Golkar Akbar Tandjung, Politikus Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono dan Agus Harimurti Yudhoyono. Hadir juga Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin, Kepala BIN Budi Gunawan, serta Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Para menteri kabinet Presiden Joko Widodo pun tampak hadir. Mulai dari Menteri BUMN Rini Soemarno, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menko PMK Puan Maharani. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga hadir dalam acara pelantikan.

07.00 WIB

Anggota DPR mulai berdatangan ke Gedung Kura-Kura tempat pelantikan.