DPR Siapkan Ruangan Kerja dan Rumah Dinas untuk 15 Anggota Tambahan

Oleh Liputan6.com pada 01 Okt 2019, 07:48 WIB
Diperbarui 01 Okt 2019, 07:48 WIB
Gedung DPR

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sudah menyiapkan invetaris untuk penambahan 15 anggota DPR periode 2019-2024. Hal yang disiapkan mulai dari ruangan hingga rumah dinas di Kalibata, Jakarta Selatan.

"Di rapat Bamus sudah saya sampaikan kepada pimpinan dewan untuk penambahan yang 15 itu ruang kerjanya sudah selesai. Rumah-rumahnya sedang kita finishing. Berkaitan dengan hak dan kewajibannya sudah siap semua. Enggak ada masalah," kata Sekjen DPR Indra Iskandar di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin 30 September 2019.

Indra mengatakan, anggaran untuk ruangan kerja sekitar Rp 5 miliar. Sedangkan anggaran rumah dinas sekitar keseluruhan Rp 1 miliar.

"Saya yang rumah agak lupa ya. Kalau enggak salah keseluruhannya, berapa ya, rata-rata sekitar Rp 1 miliar, 1,2. Kita bikinin tambahan 11 rumah karena yang 4 rumah itu adalah rumah-rumah pimpinan yang disediakan oleh Setneg," ungkapnya.

Sedangkan anggaran pelantikan anggota DPR, lanjutnya, juga tidak banyak. Anggaran itu diambil dari anggaran rutin dari DPR.

"Ini anggaran rutin semua, engga ada anggaran khusus. Cuma urusan kembang, interior," ucapnya.

Diketahui, DPR periode 2014-2019 berjumlah 560. Namun sekarang anggota DPR yang dilantik berjumlah 575 anggota.

 

2 dari 3 halaman

Dilantik Hari Ini

Gedung DPR
Gedung DPR/MPR di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta. (Liputan6.com/Devira Prastiwi)

Anggota DPR RI, DPD RI, dan MPR RI, periode 2019-2024 dijadwalkan akan menjalani proses pelantikan di Gedung Nusantara Komplek Gedung MPRE/DPR/DPD RI pada hari ini, Selasa (1/10/2019). Prosesi acara dimulai pukul 10.00 WIB dan diperkirakan akan selesai pukul 11.40 WIB.

Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar mengatakan pengucapan janji dan sumpah jabatan akan dipimpin Ketua Mahkamah Agung serta dihadiri Presiden dan Wakil Presiden RI serta tamu undangan lainnya.

Indra menjelaskan, guna mengantisipasi adanya aksi demo pada saat pelantikan, anggota DPR RI terpilih yang akan menjalani pelantikan, diminta sudah hadir di Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, pada sekitar pukul 07.00 WIB.

"Sarapan pagi dan persiapan lainnya, kami siapkan di sini. Semua acara, kami upayakan tetap sesuai jadwal," kata Indra Iskandar yang dikutip dari Antara.

Indra menambahkan, setelah selesai acara pelantikan, kemudian istirahat makan siang dan salat Dzuhur. Setelah itu, akan dilakukan rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk membahas agenda yang telah disusun Panitia Pelantikan dari Sekretariat Jenderal DPR RI. Bamus anggotanya adalah perwakilan dari seluruh fraksi.

"Bamus juga akan menetapkan sidang paripurna sementara penetapan pimpinan DPR RI, yang akan dipimpin anggota tertua dan termuda," katanya.

Menurut dia, berdasarkan jadwal sementara, penetapan dan pelantikan pimpinan DPR RI akan diselenggarakan pada sore hari.

 

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓