Sukses

TNI Kerahkan Pesawat Hercules Bantu Evakuasi Pengungsi di Wamena

Hadi menegaskan, TNI dan Polri terus berupaya menciptakan stabilitas keamanan di Wamena.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto tidak akan menurunkan Pesawat Hercules saat HUT TNI ke 74, Sabtu 5 Oktober 2019 di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Pesawat Hercules, kata Hadi, masih digunakan untuk mengevakuasi pengungsi di Wamena dan mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Pesawat Hercules kita fokuskan untuk operasi kemanusiaan di Papua, dan dukung untuk membuat atau TMC, Teknologi Modifikasi Cuaca di Sumatera dan Kalimantan," kata Hadi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (30/9/2019).

Hadi mengaku, pihaknya telah membantu para pengungsi di Wamena. Mereka kini telah ditempatkan di Jayapura hingga situasi dan kondisi kembali membaik. 

"Setelah kita tampung di Jayapura dan di koordinasikan dengan Pangdam 17 Cendrawasih, mereka akan kita bantu untuk pulang ke wilayah masing masing," terang Hadi.

Hadi menegaskan, TNI dan Polri terus berupaya menciptakan stabilitas keamanan di Wamena. Sehingga masyarakat kembali beraktifitas dengan normal.

"Kita tempatkan pasukan TNI untuk dukung kepolisian, TNI terus upayakan untuk menjaga dan ciptakan stabilitas kemananan di Wamena," pungkasnya.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.