Sukses

Penjelasan Polisi soal 2 Orang Ditabrak Barracuda Saat Demo Mahasiswa di Makassar

Ditanya soal luka yang diderita korban Dicky Wahyudi, Kapolda mengatakan yang bersangkutan sakit di bagian dada.

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Sulsel Irjen Polisi Mas Guntur Laupe mengakui ada dua korban yang tertabrak barracuda, mobil taktis polisi saat upaya mendesak mundur massa pengunjuk rasa, Jumat (27/9). Kedua korban itu adalah Dicky Wahyudi, mahasiswa Fakultas Hukum, Universitas Bosowa (Unibos) Makassar dan Irfan, seorang driver ojek online.

"Korbannya ada dua. Yang satu itu driver ojek online, tapi hanya lecet dan saat ini sudah keluar dari rumah sakit. Yang satu lagi, Dicky, mahasiswa Unibos," ujar Irjen Polisi Mas Guntur Laupe didampingi Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Polisi Dicky Sondani, usai menjenguk korban Dikcy Wahyudi di RS Ibnu Sina, Sabtu, (28/9/2019).

Ditanya soal luka yang diderita korban Dicky Wahyudi, Kapolda mengatakan, yang bersangkutan sakit di bagian dada.

"Korban tidak digilas, ditabrak saja. Sakit di bagian dada itu karena terbentur. Bantuan pengobatan Insyaallah kita yang bertanggung jawab. Kita akan obati sampai sembuh. Itu janji saya," ujarnya seraya menambahkan tanggung jawab pengobatan itu juga ditujukan ke korban luka pengunjuk rasa lainnya akibat tindak refresif anggotanya di lapangan.

Sedikit dijelaskan soal kejadian tertabraknya korban, kata Mas Guntur Laupe, saat itu kendaraan taktis tidak sedang melakukan pengejaran, melainkan upaya pendesakan agar para pengunjuk rasa mundur.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Sengaja

Oleh karena itu, tambahnya, ada lampu, sirine, rotator dengan harapan pengunjuk rasa mundur. Jadi, kata Kapolda, tidak ada kesengajaan.

Sementara itu, Dicky Sondani menambahkan, yang menabrak korban Dicky Wahyudi diperkirakan adalah mobil barracuda melihat luka atau sakitnya yang lebih berat dari korban Irfan.

Adapun Irfan yang driver ojek online itu diperkirakan ditabrak mobil Raisa (Pengurai Massa) karena lukanya tidak berat. Habis ditangani perawatan medisnya, Irfan langsung pulang. Seandainya luka berat, tentu masih ada di RS.

Diperkirakan, kedua korban ini terlambat menghindar saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi, sehingga terjadilah insiden tersebut. Pengemudi di situasi seperti semalam itu memang dituntut kecepatannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.