Kabut Asap Palangka Raya Masuk Level Berbahaya, Mobil Oksigen Keliling Bantu Warga

Oleh Maria Flora pada 28 Sep 2019, 13:55 WIB

Liputan6.com, Palangka Raya - Kebakaran hutan dan lahan di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, terus mengancam kesehatan masyarakat. Kabut asap membuat kualitas udara berada pada level berbahaya untuk manusia.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (28/9/2019), kondisi ini pun juga berdampak buruk terhadap para petugas dan relawan. Diketahui setiap hari mereka harus berjibaku memadamkan api di tengah kepungan asap tebal kebakaran hutan dan lahan.

Untuk mencegah semakin banyaknya penderita Infeksi Saluran Napas Atas (Ispa), layanan mobil oksigen keliling pun diberikan dengan menyediakan layanan kesehatan mulai dari pengkuran tensi tekanan darah, pemberian oksigen, vitamin, masker hingga penyuluhan singkat kesehatan.

"Harapannya, kita bisa memberikan penanganan terlebih dahulu atas kebutuhan oksigen untuk masyarakat dan petugas pemadam karhutla," kata petugas medis Inayati.

Mobil oksigen keliling ini akan terus berpatroli menyasar para petugas dan relawan karhutla di lapangan serta masyarakat yang jauh dari fasiltas kesehatan.  

 

Live Streaming

Powered by