Sukses

AJI: Penangkapan Dandhy Laksono dan Ananda Sangat Menyakitkan

AJI menilai pasal yang disangkakan terhadap Dandhy dan Ananda Badudu tidak beralasan.

 

Liputan6.com, Jakarta - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menyayangkan penangkapan Dandhy Laksono dan Ananda Badudu. Keduanya dijemput petugas kepolisian meski akhirnya dipulangkan.

"Penangkapan dua orang ini (Dandhy dan Ananda) sangat menyakitkan, apalagi pasal yang disangkakan tidak beralasan," kata Sekjen AJI, Revolusi Riza di kantor AJI, Jakarta, Jumat (27/9/2019).

Meski tidak ditahan, Dandhy Laksono telah menjadi tersangka terkait postingannya di twitter tentang Papua. AJI meminta polisi agar mencabut status yang disematkan kepada Dandhy.

"AJI mendesak agar polisi mencabut status tersangka yang diberikan ke Dandhy Laksono dan membebaskan dari tuntutan hukum," ujar dia.

Riza menambahkan, dalam sepekan terakhir eskalasi politik begitu dinamis. Banyak aksi demontrasi yang dilakukan beragam elemen. Namun aksi itu diwarnai kekerasan terhadap jurnalis yang meliput.

"Kami mencatat ada 14 jurnalis jadi korban kekerasan mayoritas oleh polisi. Kita menuntut keras kasus kekerasan tersebut," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melampaui Kewenangan

Atas serangkaian ini, menurut Riza, dapat menguatkan tuntutan reformasi. Karena itu, harus ada perubahan dalam tubuh polisi.

"Polisi kita lihat beberapa waktu terakhir, sering melampaui kewenangannya dalam aksi-aksi masyarakat dan terhadap jurnalis di lapangan," ujar Riza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.