Sukses

Desak Karhutla Dituntaskan, Mahasiswa Bakar Ban di Depan Kementerian LHK

Mereka menuntut KLHK menuntaskan kasus kebakaran hutan dan lahan di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 100 orang yang tergabung Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) membakar ban di depan Gedung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Jumat (27/9/2019).

Mereka menuntut KLHK menuntaskan kasus kebakaran hutan dan lahan di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Mereka (pegawai KLHK) harus rasakan asap seperti yang dialami korban kebakaran hutan dan lahan di Sulawesi dan Sumatra," kata koordinator aksi dari Pengurus Besar HMI Ikmal di seperti dilansir dari Antara, Jumat (27/9/2019).

Aksi bakar ban berlangsung sekira pukul 15.00 WIB di pintu gerbang Manggala Wanabakti Jakarta. Massa membakar satu ban mobil berikut dua kerucut lalu lintas di depan gerbang hingga asap hitam yang mengepul mengarah ke lingkungan Gedung KLHK.

Namun, puluhan polisi yang bersiaga di sekitar lokasi aksi langsung memadamkan api. ""Kami ingin ada keseriusan pemerintah menangani kebakaran hutan. Sampai saat ini sudah banyak korban yang berjatuhan," kata Ikmal.

Tak berselang lama, massa aksi bergerak menuju Gedung DPR. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.