Petugas Mulai Bersihkan Sampah Sisa Demo di Sekitar Gedung DPR

Oleh Liputan6.com pada 26 Sep 2019, 10:02 WIB
Petugas Bersihkan Sampah Sisa Bentrok

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kehutanan DKI Jakarta membersihkan sampah sisa aksi demonstrasi pelajar di sepanjang jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (26/9/2019) pagi.

"Kami sisir semua sampah yang ada di sepanjang Jalan Gatot Subroto sekitar Gedung DPR-MPR," ujar seorang petugas bernama Sapo seperti dikutip dari Antara, Kamis (26/9/2019).

Sapo mengatakan, ada 30 petugas yang diturunkan Dinas Kehutanan DKI Jakarta untuk membersihkan sampah di lokasi kerusuhan mulai dari jembatan layang Senayan hingga ke arah perempatan Slipi.

Sejak pukul 07.00 WIB mereka membersihkan sampah plastik, batu, hingga tanaman yang rusak. 

"Kalau yang hancur pastinya dari Dinas Kehutanan akan diganti," ucap dia.

Dalam aksi bersih-bersih tersebut, Dinas Kehutanan DKI Jakarta menurunkan sebanyak tiga mobil bak terbuka untuk mengangkut sampah.

Berdasarkan pantauan, sampah dari arah Senayan menuju Slipi sebagian besar sudah diangkut petugas. Sementara sisa sampah yang masih menumpuk terlihat di jembatan layang Slipi menuju perempatan Slipi Petamburan.

Selain di Jalan Jenderal Gatot Subroto, petugas juga membersihkan sampah di kawasan Palmerah, dan Tomang.

"Kalau totalnya mungkin lebih dari seratus petugas yang diturunkan," ucap dia.

2 of 3

Demo Berujung Kerusuhan

Demo Pelajar Rusuh, Pos Polisi Pejompongan Terbakar
Massa melempari batu ke arah polisi saat Pos Polisi Subsektor Pejompongan terbakar dalam demonstrasi yang berujung bentrok di Jakarta, Rabu (25/9/2019). Pos Polisi Subsektor Pejompongan yang berada dekat lokasi bentrok terbakar hingga menghanguskan bangunan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sebelumnya, massa aksi terlibat bentrok dengan aparat kepolisian saat demonstrasi pelajar di kawasan Gedung DPR, Jakarta pada Rabu 25 September 2019.

Kericuhan baru mereda pada Kamis (26/9/2019) dini hari setelah aparat kepolisian membubarkan paksa massa aksi.

Akibat kerusuhan ini, sejumlah kendaraan milik warga hingga fasilitas umum diduga dirusak para perusuh. Selain menyebabkan kemacetan di beberapa ruas jalan, kerusuhan ini juga menyisakan sampah yang bertebaran di sejumlah ruas jalan.

3 of 3

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓