Sukses

Gempa Dangkal Guncang Berastagi Terasa hingga Kota Medan

Guncangan terasa lantaran pusat gempa sangat dangkal, yakni hanya sedalam 2 km di darat.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi dangkal menguncang kawasan Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (22/9/2019). Gempa yang terjadi pukul 22.43 WIB itu berkekuatan magnitudo 2,2.

Meski kekuatannya relatif rendah, gempa terasa hingga Kota Medan, Sumatera Utara dengan skala II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Guncangan terasa lantaran pusat gempa sangat dangkal, yakni hanya sedalam 2 km di darat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, titik gempa berada di darat dengan koordinat 3.39 lintang utara (LU) dan 98.58 bujur timur (BT) atau 23 km utara Berastagi.

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan kerusakan dampak dari gempa tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi

  • Gempa medan

  • Gempa Sumut