Sukses

Menggalang Sejuta Masker untuk Korban Kabut Asap

Aksi penggalangan dana ini diharapkan bisa menghasilkan lebih dari sejuta masker berkualitas untuk membantu para korban kabut asap.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan jurnalis yang tergabung dalam Mata Rantai Jurnalis Indonesia menggelar aksi sosial di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Thamrin, Jakarta Pusat. Aksi ini digagas untuk membantu para korban kabut asap di Sumatera, Kalimantan, Kepulauan Riau dan daerah lainnya di Tanah Air.

Dalam aksi sosial ini, para jurnalis memperlihatkan kepiawaiannya dalam bermusik. Ketua aksi, Riman Wahyudi berhadap dari aksi sosial ini bisa membantu meringankan beban para korban kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

"Ya kita melakukan aksi ngamen, ini aksi sejuta masker, ini yang kita lakukan untuk beberapa wilayah nanti yang akan kita kirimkan masker," ujar Riman di lokasi, Minggu (22/9/2019).

Riman berharap, dalam aksi penggalangan dana ini bisa menghasilkan lebih dari sejuta masker berkualitas untuk membantu para korban kabut asap.

"Kita berharap bisa mengumpulkan sebanyak mungkin agar bisa mengirimkan masker-masker ke lokasi-lokasi yang memang membutuhkan," kata jurnalis Elshinta itu.

Selain menghasilkan lebih dari sejuta masker, Mata Rantai Jurnalis juga berharap dalam aksi ini bisa mengumpulkan uang lebih untuk kemudian bisa dibelikan obat-obatan.

"Tapi kita utamakan sebernarnya juga obat batuk ya, karena paparan kabut asap ini membuat mereka banyak yang mengalami penyakit tenggorokan, ini yang kita lalukan untuk pengiriman khususnya untuk anak-anak," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.