Monyet Buas yang Serang Bocah 7 Tahun di Bogor Ditangkap

Oleh Achmad Sudarno pada 21 Sep 2019, 09:43 WIB
Diperbarui 21 Sep 2019, 09:43 WIB
Monyet liar yang meresahkan warga di Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, akhrinya tertangkap.
Perbesar
Monyet liar yang meresahkan warga di Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, akhrinya tertangkap. (Liputan6/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Bogor - Monyet liar yang meresahkan warga di Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, akhrinya tertangkap. Monyet jenis ekor panjang ini masuk ke dalam perangkap yang dipasang petugas Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Bidang Wilayah I Bogor.

"Iya Jumat jam 9 pagi kemarin monyet itu masuk dalam kandang jebakan yang kita pasang, sore ini akan kita ambil," kata Penyidik Kehutanan BKSDA Bogor, Sudrajat, Sabtu (21/9/2019).

Monyet liar warna abu-abu itu ditangkap di sekitar lokasi bocah perempuan berusia tujuh diserang binatang omnivora hingga mengalami luka parah di paha, betis, punggung, dan tangan.

"Monyet itu akan kami bawa ke kantor BKSDA untuk dikarantina setelah itu dilepasliarkan kembali ke habitatnya," kata dia.

Menurutnya, monyet yang melukai anak kecil ini berasal dari kawasan perbukitan yang berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Setiap musim kemarau, monyet ekor panjang ini kerap turun turun gunung untuk mencari makanan karena sumber makanan satwa liar itu habis akibat mengalami kekeringan.

"Biasanya pada musim kemarau makanan di atas gunung dan hutan sulit didapat, jadi binatang ini turun gunung," ungkap Sudrajat.

Keberadaan monyet liar ini meresahkan warga khususnya anak-anak di Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor. Apalagi, monyet tersebut telah menyerang seorang anak perempuan bernama Elis Susilawah hingga mengalami luka-luka.

"Monyet ini sangat buas. Setelah tertangkap dalam kandang jebakan pun masih terus mau menyerang siapapun yang mendekatinya," terang Plt Kades Kalong Sawah, Tata.

Untuk mencegah kejadian serupa, pihak kepolisian kemudian meminta bantuan petugas BKSDA memburu monyet-monyet yang tengah kelaparan itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perburuan Moyet

Petugas BKSDA pun memasang kandang jebakan diantara pohon-pohon besar. Seekor monyet akhirnya berhasil ditangkap setelah masuk kandang jebakan, Jumat pagi tadi.

Sebelumnya, Elis Susilawah seorang bocah perempuan berusia tujuh tahun mengalami luka luka pada bagian paha, betis, dan punggung karena diserang seekor monyet liar pada Rabu (17/9/2019).

Bocah yang duduk bangku kelas 1 SD ini diserang seekor monyet liar ketika hendak menyusul teman-temannya bermain di dekat hutan. Di tengah perjalanan, anak itu tiba-tiba diserang seekor monyet berukuran besar yang sudah mengincarnya dari atas pohon besar.

Tubuh anak itu digigit dan dicakar beberapa kali hingga terluka parah. Saat ini, korban masih masa pemulihan setelah menjalani operasi di RSUD Leuwiliang.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya