Momen Anies Uji Coba Jalur Sepeda Baru

Oleh Mevi Linawati pada 20 Sep 2019, 14:03 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta Ramah Bersepeda. Tema itu diusung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam uji coba jalur sepeda baru di jalanan ibu kota.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (20/9/2019), mengambil titik start dari Jakarta International Velodrome Rawamangun, Jakarta Timur, Gubernur Anies Baswedan ikut langsung gowes bersama puluhan pesepeda menuju Balai Kota DKI.

Jarak 16 kilometer melintasi Jalan Sudirman, Bundaran HI, dan Jalan Thamrin ini merupakan bagian dari jalur sepanjang 63 kilometer dari yang sebelumnya hanya sekitar 25 kilometer. Jalur tambahan yang membentang sepanjang kawasan ganjil genap itu diharapkan bisa mengajak masyarakat untuk lebih peduli lingkungan sekaligus menekan polusi udara.

"Kita siapkan jalur sepeda dan juga ada pembatasnya sehingga pesepeda terlindung, kita juga berharap nantinya mayoritas tempat di Jakarta ada jalur sepedanya," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Ini langkah yang baik dari pemprov untuk bisa mulai memprioritaskan pejalan kaki dengan trotoarnya dan pesepeda dengan jalur sepedanya ini," kata warga Jakarta Fani.

"Sangat mendukung sekali untuk jalur sepeda ini, selama ini sudah kami tunggu-tunggu sekitar 10 tahun," ucap warga Jakarta Wati.

Pemprov DKI Jakarta menargetkan nantinya jalur sepeda di ibu kota akan mencapai total sepanjang 500 kilometer.