Aksi Iriana Joko Widodo saat Kunjungi Sungai Kali Baru Bogor

Oleh Liputan6.com pada 20 Sep 2019, 14:30 WIB
Ibu Negara Iriana Jokowi di Palembang. (foto: Biro Pers Setpres)

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Negara Indonesia Iriana Joko Widodo berkunjung ke Sungai Kali Baru, Cilebut Timur, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Kamis, 19 September 2019 pagi.

Peninjauan ini sekaligus sebagai acara rangkaian kegiatan Gerakan Indonesia Bersih yang sudah dicanangkan Iriana Joko Widodo.

Iriana mengaku prihatin melihat kondisi Sungai Kali Baru yang dipenuhi sampah rumah tangga dan pedagang. Dia juga mendapatkan informasi mengenai anak sungai di Cisadane yang dipenuhi sampah melalui media sosial.

"Ada macam-macam juga ya sampahnya di sini. Melihat kayak gini ngeri juga," ujar Iriana.

Berikut aksi yang dilakukan Iriana Joko Widodo pada saat berkunjung ke Kali Baru Bogor dihimpun Liputan6.com :

2 of 5

Tinjau Langsung

Ibu Negara Iriana Jokowi menyaksikan proses pembersihan sampah di Kali baru Bogor, Jawa Barat. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)
Ibu Negara Iriana Jokowi menyaksikan proses pembersihan sampah di Kali baru Bogor, Jawa Barat. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau langsung lokasi tumpukan sampah di Sungai Cipakancilan dan Kali Baru. Bahkan dalam lawatannya ini, istri presiden Jokowi akan ikut serta melakukan aksi bersih sampah di aliran sungai itu.

Kasiter Korem 061 Suryakencana, Letkol Asep Muspidah mengatakan, persoalan tumpukan sampah di Sungai Cipakancilan dan Kali Baru di Kota dan Kabupaten Bogor menjadi perhatian pemerintah pusat.

"Kemudian dari pusat memerintahkan kita untuk membersihkan dengan titik awal di Kedung Badak Kota Bogor sampai Cilebut," kata Asep.

Prajurit TNI AD bersama unsur elemen masyarakat dan Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor kemudian turun ke lapangan membersihkan tumpukan sampah yang sudah menggunung di tepi maupun aliran sungai.

Sejak lima hari terakhir ini, tim gabungan berjibaku membersihkan tumpukan sampah kurang lebih sepanjang 8 kilometer mulai dari Sungai Cipaksncilan Kota Bogor hingga Kali Baru Kabupaten Bogor.

"Persoalan sampah disini sudah tahunan, beberapa waktu lalu sempat ramai diperbincangkan. Alhamdulillah, saat ini sampah di sungai itu sebagian sudah kita angkat," kata dia.

Pada aksi bersih ini, ibu negara bersama ibu wakil presiden direncanakan meninjau langsung dan ikut kerja bakti di Sungai Cipakancilan dan Kali Baru, juga mengedukasi masyarakat agar tidak membusng sampah sembarangan khususnya ke sungai.

3 of 5

Bagikan Buku Tulis dan Alat Rebana

Ibu Negara Iriana Jokowi menyaksikan proses pembersihan sampah di Kali baru Bogor, Jawa Barat. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)
Ibu Negara Iriana Jokowi menyaksikan proses pembersihan sampah di Kali baru Bogor, Jawa Barat. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

 

Saat peninjauan, Iriana Joko Widodo didampingi para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK), dan Bupati Bogor, Ade Yasin.

Usai memberikan arahan, Iriana yang mengenakan topi warna merah langsung beranjak ke tepi sungai melihat aksi bersih-bersih yang dilakukan oleh prajurit TNI bersama Dinas Kebersihan Kabupten Bogor, serta elemen masyarakat Bogor.

Iriana mengaku prihatin melihat kondisi Sungai Kali Baru yang dipenuhi sampah rumah tangga pedagang. Ia juga mengaku mendapat informasi jika anak Sungai Cisadane itu dipenuhi sampah melalui media sosial.

"Ada macam-macam juga ya sampahnya disini. Melihat kaya gini ngeri juga," ucap Iriana.

Setelah sekitar 15 meninjau tumpukan sampah, Iriana membagi-bagikan buku tulis dan alat musik rebana. Kemudian dia meninggalkan lokasi untuk mengunjungi SDIT Almadina di Kelurahan Karadenan, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Danrem 061/Suryaknacana Kolonel Novi Helmi Prasetya mengatakan, tumpukan sampah di sepanjang aliran Kali Cipakancilan Kota Bogor hingga Sungai Kali Baru, Cilebut Kabupaten Bogor sempat viral dan menjadi sorotan pemerintah khususnya Ibu Negara Iriana Jokowi.

"Setelah mendapat perintah langsung dari IbU Negara, kami langsung melaksanakan aksi bersih sampah," kata Helmi.

4 of 5

Minta Warga Kelola Sampah

Ibu Negara Iriana Jokowi Kunjungi PAUD di Solo
Ibu Negara Iriana Jokowi menyanyi bersama dengan anak-anak PAUD Putra Pertiwi di Kelurahan Gilingan, Solo, Kamis (5/9).(Liputan6com/Fajar Abrori)

Ibu Negara Iriana Jokowi mengajak masyarakat Bogor menjaga kebersihan khususnya sungai yang ada di wilayahnya agar tetap bersih.

Iriana meminta masyarakat memilah dan mengolah sampah menjadi sesuatu yang berguna dan mendatangkan nilai ekonomis.

"Sampah ini tidak harus dibuang, tapi juga ada yang berguna. Dari PKK bisa ditindaklanjuti ya. Nanti ada pelatihan supaya bisa mendaur ulang sampah jadi pupuk atau lainnya," ujar Iriana.

Iriana mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan TNI AD, pemerintah daerah beserta elemen masyarakat Bogor dengan membersihkan tumpukan sampah sepanjang Sungai Cipakancilan hingga Kali Baru.

"Tadi katanya ini (sungai) sudah bersih ya, tapi karena (sampah) dari sana (hulu) datang lagi jadi ada lagi," ujar Iriana.

Pada saat peninjauan, Iriana sempat menyinggung panitia acara yang membentangkan karpet merah di sekitar lokasi. Padahal ia ingin melihat secara nyata kondisi bibir Sungai Kali Baru.

"Saya tadi maunya tidak dikarpetin, jadi saya bisa lihat langsung yang di sini ini apa lantai, apa tanah campur sampah," ucapnya.

Dia berharap, sebidang tanah yang dijadikan lokasi acara peninjauan tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk taman bermain anak-anak.

"Tapi insyaallah kalau sudah bersih semua bisa jadi taman bermain," kata Iriana.

 

(Desti Gusrina)

5 of 5

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓