Anies Baswedan Siap Bantu Bogor Bersihkan Sampah di Kali Baru

Oleh Liputan6.com pada 19 Sep 2019, 20:16 WIB
Anies Baswedan

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap membantu Kabupaten Bogor membersihkan tumpukan sampah di Kali Baru. Permintaan agar Jakarta ikut membantu membersihkan Kali Baru juga disampaikan Bupati Bogor Ade Yasin.

"Jakarta tentu bisa membantu kalau ada permintaan," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Anies mengatakan Pemprov DKI juga harus minta izin kepada pihak yang memiliki kewenangan mengelola Kali Baru, dalam hal ini Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC ).

"Karena sungai adalah di bawah kewenangan Kementerian PUPR. Jadi ketika kita membersihkan, mengeruk sungai dan lain-lain kita izin kepada mereka. Tapi kalau Bogor minta dibantu, kabari ke kita. Resmi, nanti kita bisa eksekusi. Siap bantu," ucap Anies.

Persoalan sampah di Kali Baru ini telah berlangsung selama bertahun-tahun. Bahkan ibu negara Iriana Jokowi langsung turun ke lapangan memantau pembersihan sampah di aliran sungai tersebut.

 

2 of 3

Iriana Jokowi Ngeri

Ibu Negara Iriana Jokowi menyaksikan proses pembersihan sampah di Kali baru Bogor, Jawa Barat. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)
Ibu Negara Iriana Jokowi menyaksikan proses pembersihan sampah di Kali baru Bogor, Jawa Barat. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau tumpukan sampah di Sungai Kali Baru, Cilebut Timur, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (19/9/219) pagi. Peninjauan ini dalam rangkaian kegiatan Gerakan Indonesia Bersih yang sudah dicanangkan Ibu Negara beberapa hari lalu.

Saat peninjauan, Iriana didampingi para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK), dan Bupati Bogor, Ade Yasin.

Usai memberikan arahan, Iriana yang mengenakan topi warna merah langsung beranjak ke tepi sungai melihat aksi bersih-bersih yang dilakukan oleh prajurit TNI bersama Dinas Kebersihan Kabupten Bogor, serta elemen masyarakat Bogor.

Iriana mengaku prihatin melihat kondisi Sungai Kali Baru yang dipenuhi sampah rumah tangga pedagang. Ia juga mengaku mendapat informasi jika anak Sungai Cisadane itu dipenuhi sampah melalui media sosial.

"Ada macam-macam juga ya sampahnya disini. Melihat kaya gini ngeri juga," ucap Iriana.

Setelah sekitar 15 meninjau tumpukan sampah, Iriana membagi-bagikan buku tulis dan alat musik rebana. Kemudian dia meninggalkan lokasi untuk mengunjungi SDIT Almadina di Kelurahan Karadenan, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Danrem 061/Suryaknacana Kolonel Novi Helmi Prasetya mengatakan, tumpukan sampah di sepanjang aliran Kali Cipakancilan Kota Bogor hingga Sungai Kali Baru, Cilebut Kabupaten Bogor sempat viral dan menjadi sorotan pemerintah khususnya Ibu Negara Iriana Jokowi.

"Setelah mendapat perintah langsung dari IbU Negara, kami langsung melaksanakan aksi bersih sampah," kata Helmi.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by