Sukses

2 Gempa Guncang Tuban Jatim Terasa hingga Bandung dan Bali

Gempa tersebut terasa di sejumlah titik Pulau Jawa, Bali, hingga NTB.

Liputan6.com, Jakarta - Kabupaten Tuban, Jawa Timur diguncang dua kali gempa bumi dalam jangka waktu sekitar setengah jam, Kamis (19/9/2019). Gempa pertama terjadi pada pukul 14.06 WIB dengan kekuatan magnitudi 5,6.

Sedangkan gempa kedua terjadi pada pukul 14.31 WIB dengan kekuatan lebih tinggi yakni magnitudo 6. Meski pusat gempa relatif dalam, getarannya terasa hingga Pulau Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berdasarkan aplikasi mobile Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama dirasakan dengan skala MMI II-III Denpasar, III Mataram, III Lombok Barat, III Lombok Tengah, III Sumbawa, III Bima, III dompu, dan II Karangasem.

Sedangkan gempa kedua terasa dengan skala MMI II-III Tuban, III-IV Denpasar, III Malang, III Madura, II Bandung, II-III Yogyakarta, II-III Surabaya, III Mataram, III Lombok, dan III Bima.

Skala MMI I, getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang. Skala MMI II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang (lemah).

Skala MMI III, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu (lemah). Skala MMI IV, pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik, dan dinding berbunyi (ringan). 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Kali Gempa

Sebelumnya, gempa dua kali terjadi di wilayah Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Kamis (19/9/2019). Gempa pertama terjadi pukul 14.06 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,6.

Titik gempa berada di 58 km barat laut Tuban atau pada koordinat 6.4 lintang selatan (LS)-111.84 bujur timur (BT).

Gempa dengan kedalaman 656 km itu tidak berpotensi.

Gempa kedua terjadi pada pukul 14.31 WIB dengan kekuatan magnitudo 6.

Berdasarkan akun Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) @infoBMKG, titik gempa berada di 56 km barat laut Tuban atau pada koordinat 6.43 lintang selatan (LS)-111.82 bujur timur (BT).

Gempa berada pada kedalaman 648 km dan dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

"#Gempa Mag:6.0, 19-Sep-19 14:31:58 WIB, Lok:6.43 LS,111.82 BT (56 km BaratLaut TUBAN-JATIM), Kedalaman:648 Km, tidak berpotensi tsunami #BMKG," cuit akun @infoBMKG.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi

  • Gempa Bali

  • Tuban

  • Tuban Jatim