Belasan Rumah Rusak dan 2 Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Bogor

Oleh Achmad Sudarno pada 18 Sep 2019, 23:08 WIB
Achmad Sudarno/Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Belasan rumah rusak dan sejumlah pohon tumbang akibat angin kencang dan hujan lebat di Bogor, Rabu (18/9/2019) sore.

Data sementara yang dilansir BPBD Kota Bogor tercatat ada 13 rumah rusak. Kerusakan meliputi bagian atap bangunan terhempas angin, pagar serta dinding jebol. Bencana ini menimpa pemukiman warga di RT 03/14, Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Kemudian, satu unit mobil Chevrolet Aveo berplat nomor F 1137 DU tertimpa pohon di Jalan Kesehatan, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Pohon jenis bintaro dengan tinggi 10 m dan diameter 50 cm ini menutup badan jalan.

Selanjutnya satu unit mobil Daehatsu Xenia berplat nomor F 1859 GG, yang sedang parkir dekat restoran siap saji tertimpa pohon.

Pohon cherry dengan tinggi 11 meter tumbang menimpa pagar rumah milik Bahtiar warga Perumahan Bogor Baru Jalsn Citanduy RT 01/RW 08, Kelurahxn Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Masih tak jauh dari lokasi itu, pohon jenis kenari dengan tinggi 13 meterĀ  juga tumbang akibatnya akses jalan menuju perumahaan tersebut tertutup.

Di wilayah Bojong Baru, Kelurahan Pasir Kuda, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, pohon jenis angsana dengan diameter 20 cm tumbang dan nyaris memutus kabel milik PLN.

Terakhir, pohon jengkol dengan tinggi 15 m dan diameter 60 cm tumbang mengakibatkan jalan warga lingkungan warga Kampung Monggol Ciheuleut, Kelurahanan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor tertutup.

Sejauh ini pendataan kerusakan masih terus dilakukan oleh BPBD setempat. Anggota BPBD bersama Damkar dan Tagana juga masih melakukan evakuasi pohon yang tumbang di beberapa titik lokasi.

"Alhamdulilah sampai saat ini tidak ada laporan korban jiwa maupun luka," ujar Kepala BPBD Kota Bogor Juniarti Estiningsih.

Menurut Esti, kerusakan rumah dan pohon tumbang disebabkan karena hujan deras bersamaan dengan angin cukup kencang yang melanda wilayah Kota Bogor, Rabu sore tadi. Esti mengimbau masyarakat untuk waspada disaat turun hujan. Sebab, bulan ini diperkirakan masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan sehingga berpotensi hujan deras disertai angin kencang.

"Masyarakat agar tidak berteduh di bawah pohon besar utamanya di pinggir jalan," kata dia

2 of 2

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓