Sukses

Bantuan Pemadaman Karhutla Ditolak Satgas, Begini Reaksi Anies Baswedan

Anies tetap menyampaikan rasa syukurnya atas kemampuan Satgas Karhutla Riau untuk menangani pemadaman secara mandiri.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengirim 65 personel untuk membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau. Namun, bantuan itu ditolak Satgas Karhutla Riau.

Meski begitu, Anies tetap menyampaikan rasa syukurnya atas kemampuan Satgas Karhutla Riau untuk menangani pemadaman secara mandiri.

"Kami bersyukur kalau masalah api sudah selesai, karena memang tujuan kita adalah membantu memadamkan api dan mengendalikan dampak-dampak daripada asap," ungkap Anies di Bella Terra, Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Namun, Anies menegaskan bahwa dia sebenarnya mengirim bantuan itu ke Badan Nasional Penanggungulangan Bencana (BNPB) dan bukan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Menurutnya, bantuan itu pun sebenarnya tak sia-sia dikirimkan. Sebab, BNPB dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengarahkan agar bantuan diberikan ke Kalimantan Tengah guna menangani karhutla di sana.

"Jadi ke mananya yang menentukan adalah BNPB. Per tadi informasinya malah diarahkan ke Kalimantan Tengah. Karena di sana kondisinya sedang berat," ucap Anies Baswedan.

"Kami mengirimkan tim untuk membantu, lokasinya dimana diatur antara Kementerian Dalam Negeri dan BNPB. Malah yang berharap datang (bantuan) Jambi. Jambi meminta, kita siapkan. Kita siap mengikuti arahan dari Kemendagri dan BNPB," dia mengakhiri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koordinasi dengan Kemendagri

Anies menambahkan, pihak Pemprov DKI akan selalu siap untuk memberikan bantuan bila diminta. Nantinya, pemberian bantuan itu akan dikoordinasikan dengan pihak Kemendagri.

"Kita kirimnya (bantuan) ke pemerintah pusat. Nanti pemerintah pusat yang kirim ke sana (tempat yang butuh bantuan). Jadi memang koordinasinya dengan Kemendagri," tutur Anies.

Dia menegaskan, dirinya senang meski bantuannya ditolak. Artinya, Riau sudah dalam keadaan aman.

"Kalau kami senang sekali kalau Riau sudah bebas asap. Alhamdulillah kalau Riau sudah bebas asap. Kita bersyukur," dia mengakhiri.

Sebelumnya, Anies melalui Pemprov DKI telah mengirimkan 65 personil untuk menbantu pemadaman karhutla di Riau. Namun, bantuan tersebut ditolak Satgas Karhutla Riau yang merasa pihaknya sudah bisa menangani masalah secara mandiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.