Seekor Hiu Tutul Terjebak dalam Kanal Air PLTU Paiton

Oleh Devira Prastiwi pada 18 Sep 2019, 14:52 WIB

Fokus, Probolinggo - Seekor whale shark atau hiu tutul terjebak di salah satu kanal atau saluran air pendingin PLTU Paiton Probolinggo, Jawa Timur. Operator bersama sejumlah instansi terkait berupaya melakukan evakuasi. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (18/9/2019), hiu tutul berukuran sekitar 4 meter berada di dalam kanal yang berkedalaman 8 meter diduga masuk melalui saluran air di bagian utara yang telah rusak.

Operator PLTU Paiton berusaha melakukan evakuasi ikan bekerja sama dengan Kopaska TNI Angkatan Laut, Kementerian Perikanan dan Kelautan, serta Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut.

Karena berisiko tinggi, proses evakuasi akan dilakukan dengan cara menggiring hiu menuju pintu keluar yang mengarah ke laut.

"Anda tahu bahwa PLTU Paiton kan pembangkit listrik, jadi ga bisa sembarang orang masuk, penanganan juga ekstra hati-hati, dan itu memang harus tenaga ahli dari orang PLTU nya sendiri," Kadis Perikanan dan Kelautan Probolinggo Dedi Isfandi.

Peristiwa terjebaknya hiu tutul di dalam kanal utama tidak memengaruhi operasional PLTU Paiton. Kendati saluran air digunakan untuk pendingin mesin pembangkit listrik.

Live Streaming

Powered by