Jokowi: Segala Usaha Sudah Dilakukan Atasi Karhutla

Oleh Liputan6.com pada 18 Sep 2019, 08:36 WIB
Tanpa Masker, Jokowi Tinjau Lokasi Kebakaran Hutan di Pekanbaru

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi meninjau beberapa titik kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan Riau, Selasa kemarin. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut berupaya menangani karhutla di Provinsi Riau.

"Segala usaha sudah dilakukan. Yang di darat (pemadaman) sudah semuanya, tambahan pasukan kemarin sudah saya perintahkan juga. Kemarin datang totalnya 5.600 (pasukan)," ujar Jokowi di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Rabu (18/9/2019).

Saat ini pemerintah terus melakukan water bombing di lokasi karhutla. Sebanyak 52 pesawat dikerahkan untuk pemadaman tersebut. Hari ini direncanakan akan membuat hujan buatan di sekitar lokasi kebakaran.

"Sudah diterbangkan dan Alhamdulillah saat itu di Indragiri Hilir juga hujan turun. Ini sekarang kita lagi menabur garam," ungkap Jokowi.

Dia mengimbau seluruh pihak untuk tidak membakar lahan gambut maupun hutan yang dapat menyebabkan kebakaran semakin meluas.

Jokowi juga menginstruksikan tindakan tegas bagi para pelaku pembakaran baik dari kalangan korporasi maupun individu.

"Upaya hukum sudah kita lakukan. Baik yang perorangan baik korporasi semuanya sudah ada tindakan tegas ke sana," ungkap Jokowi.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

2 of 2

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait