Jokowi Nilai Kebakaran Hutan di Riau Kegiatan yang Teroganisir

Oleh Devira Prastiwi pada 18 Sep 2019, 13:06 WIB

Fokus, Riau - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di area kebakaran lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunu, Kabupaten Pelalawan, Riau, sekitar pukul 11.00 siang pada Selasa, 17 September 2019 ditemani sejumlah menteri kabinet.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (18/9/2019), selain berbincang dengan petugas satgas di lokasi, Jokowi juga menyaksikan upaya pemadaman lahan. Presiden Jokowi kembali menegaskan perlunya komitmen seluruh pihak untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan.

"Pencegahan oleh desa, camat, bupati, bhabinsa, bhabinkamtibnas, polsek, koramil, itu yang pertama harus dikerjakan, pencegahan. Kalau sudah kejadian, sulit," ujar Presiden RI Joko Widodo.

Bila melihat luasnya lahan yang terbakar, Jokowi menilai kebakaran ini merupakan kegiatan yang terorganisir. Polri akan menindak mereka yang terbukti membakar hutan dan lahan.

Sebelum berangkat meninjau lokasi di Pelalawan, Jokowi menyempatkan diri salat istisqa atau salat meminta hujan di Masjid Amrulloh di kompleks TNI AU, Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.