Sukses

Wiranto Sebut Masalah Kebakaran Hutan Tanggung Jawab Pemda

Menko Polhukam Wiranto menegaskan, penanganan kebakaran hutan dan lahan seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, pengentasan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah (pemda). Mulai dari tingkat kepala desa, camat, bupati atau wali kota, hingga gubernur.

Dia menuturkan, pemerintah pusat hanya berlaku sebagai koordinator. Oleh karena itu, pemda diharapkan bisa mandiri dalam menghadapi permasalahan yang sama setiap tahunnya.

"Ini tanggung jawab daerah. Jangan terus bergantung pada pusat. Harus betul-betul tahu masalah ini dan tahu harus berbuat apa," kata Wiranto dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Sebelumnya, Wiranto bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan jajaran kementerian lainnya telah melakukan peninjauan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Pekanbaru, Riau.

Dia menegaskan, apa yang disampaikan Jokowi soal pentingnya melakukan upaya pencegahan dalam mengatasi masalah karhutla itu benar adanya.

"Mencegah lebih baik daripada memadamkan. Itu intinya," jelasnya.

Terkait siaga darurat kebakaran hutan dan lahan dengan operasi pemadaman darat maupun udara, Wiranto optimis semua itu bisa diatasi dengan baik apabila dilakukan bersama-sama. Permasalahan serupa juga diharapkannya bisa dihindari ke depannya.

"Kalau semuanya dilakukan dengan rapi, maka titik api dapat diketahui sejak dini dan dipadamkan segera," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Bergerak Membantu

Meski begitu, Wiranto menegaskan, pemerintah akan tetap bergerak cepat mengatasi dan menangani karhutla yang masih terus terjadi.

"Iya, bergerak cepat. Ini kan masalah darurat, masalah darurat kebakaran," ucapnya.

Dia menyatakan, jika ini tidak ditangani dengan cepat, maka pemerintah bakal kewalahan dalam mengatasi karhutla.

"Ini kalau tidak ditangani dengan cepat, tidak ditangani sistematis dan dengan suatu dukungan-dukungan yang memadai, maka tentu kita akan 'kedodoran'," ungkap Wiranto.

Sebagai contoh, dia menegaskan TNI khususnya pesawatnya sudah diterjunkan untuk membuat hujan buatan. Kemudian, ada beberapa penambahan pesawat juga.

"Memang pemerintah sekarang sudah melakukan langkah-langkah yang luar biasa, yang total yaitu menanggulangi kebakaran ini," Wiranto mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.