Sukses

Anies Baswedan: Pencari Suaka ke Jakarta karena Ada Kantor UNHCR

Terkait pengungsi yang menempati trotoar di Cikini, Anies mengatakan akan segara menelepon Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kedatangan para pencari suaka ke Jakarta karena ada kantor UNHCR atau Badan PBB yang menangani masalah pengungsi. Jika tak ada kantor UNHCR menurutnya kemungkinan para pencari suaka ini tak akan datang ke Jakarta.

"Lokasinya di Jakarta karena ibu kota dan ada UNHCR. Kalau enggak ada UNHCR mungkin mereka enggak akan datang ke sini. Ini kantornya di sini di Kebon Sirih pula. Jadi saya akan koordinasi dengan pusat agar pusat mau meng-handle itu," ujar Anies di Balai Kota, Senin (16/9/2019) malam.

Terkait pengungsi yang menempati trotoar di Cikini, Anies mengatakan akan segara menelepon Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita. Kendati para pengungsi berada di Jakarta, namun yang mempunyai kewenangan adalah pemerintah pusat.

"Nanti saya akan telpon Pak Menteri Sosial karena Menteri Sosial waktu itu sudah menyiapkan tempat di timurnya Cilangkap, (daerah) Cipayung, ada Kementerian Sosial punya tempat di sana terus mereka menyiapkan di situ," jelas Anies Baswedan.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.