Sukses

Koleksi-Koleksi Kendaraan Mewah Presiden Indonesia

Koleksi kendaraan para Presiden Indonesia itu masih tersimpan rapi dan terawat.

Liputan6.com, Jakarta - Para Presiden Indonesia, mulai dari Presiden pertama RI hingga Presiden ketujuh RI rupanya memiliki koleksi-koleksi kendaraan motor dan mobil.

Para pemimpin Indonesia itu mulai dari Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, hingga Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Bahkan, koleksi kendaraan para Presiden itu masih tersimpan rapi dan terawat. Beberapa koleksi kendaraannya juga sempat dipamerkan pada beberapa acara.

Berikut koleksi-koleksi kendaraan para Presiden Indonesia, mulai dari yang paling murah hingga mahal:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Sukarno

Presiden Pertama RI Sukarno memiliki beberapa koleksi kendaraan yang hingga saat ini masih tersimpan rapi. Koleksi kendaraan milik Sukarno itu berupa mobil dan motor klasik yang kekinian pada zamannya.

Kendaraan klasik itu antara lain mobil Chrysler Windsor Limo, ZIL 111 Limo, Buick-8, Chrysler Imperial, Cadillac 1948, dan DeSoto.

Tak hanya mobil, Soekarno juga memiliki koleksi motor, yaitu Vespa Kongo berkapasitas 150 cc. Vespa ini merupakan hadiah kontingen pasukan perdamaian PBB yang kebetulan saat itu sedang bertugas di Kongo. Pasukan itu diberi nama Kontingen Garuda.

 

3 dari 8 halaman

Soeharto

Presiden kedua RI Soeharto ternyata memiliki koleksi motor gede. Motor itu adalah Harley Davidson Heritage Softail with Sidecar 1996.

Ternyata motor tersebut pernah dibawanya dengan membonceng BJ Habibie berkeliling.

Motor Harley Davidson dikategorikan sebagai motor antik. Mesin motornya mengandalkan karburator dengan tenaga berkapasitas 1.338 cc.

 

4 dari 8 halaman

Koleksi Mobil BJ Habibie

Presiden ketiga RI BJ Habibie yang baru saja meninggal dunia, ternyata memiliki banyak koleksi mobil antik. Bahkan, BJ Habibie memiliki garasi yang cukup luas di rumahnya dan diisi puluhan kendaraan klasik, baik roda dua maupun roda empat.

Untuk tunggangan roda empat, BJ Habibie sangat menyukai pabrikan ternama asal Jerman yaitu Mercedes-Benz 300SL.

Sebagai sports car klasik, mobil ini memiliki performa yang mumpuni. Memiliki mesin enam silinder dengan transimisi empat percepatan, Mercy 300SL Gullwing mampu memuntahkan 215 Tk dan dapat mencapai kecepatan maksimum 260 kilometer per jam.

BJ Habibie juga memiliki Harley Davidson Bad Boy, mesinnya berkapasitas 1.340 cc dan diproduksi 1996.

 

5 dari 8 halaman

Abdurrahman Wahid

Mobil Mercedes Benz milik Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur terpampang di pameran koleksi mobil-mobil klasik Mercedes Benz di Jawa Timur.

Salah satu kemasan acara berkategori Mercedes Benz Custom Car Show ini pun diklaim sebagai ajang kompetisi pertama kali untuk komunitas Mercedes Benz 2011 lalu.

 

6 dari 8 halaman

Presiden Megawati Soekarnoputri

Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri ternyata mengoleksi berbagai jenis motor astrea. Mengutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diterbitkan oleh KPK, ada 10 motor Honda Astrea dari tahun pembuatan 1992 hingga 1994.

Tentu saja koleksi motor jadul milik Megawati ini menjadi incaran anak muda penggemar motor-motor buatan tahun 1990-an.

 

7 dari 8 halaman

Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY memiliki koleksi motor Harley Road Glide Screaming Eagle dengan mesin berkapasitas 1.690 cc.

Tak hanya Harley, SBY juga memiliki motor keluaran 1997. Motor itu bernama Suzuki Tornado, salah satu motor 2-tak bermesin 110 cc.

 

8 dari 8 halaman

Presiden Jokowi

Presiden ketujuh RI Joko Widodo atau Jokowi juga memiliki koleksi motor bernama Royal Enfield Bullet 350. Motor ini awalnya didatangkan dari India. Kemudian dimodifikasi dan menghabiskan dana Rp 40 juta. Motor itu berkapasitas mesin 35cc.

Bahkan motor koleksinya ini pernah menemaninya berkunjung ke salah satu daerah di Indonesia.

 

Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Sumber : Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.