Sukses

Savana Duathlon di Alas Purwo Banyuwangi Sukses Menyedot Perhatian Pecinta Olahraga

Savana Duathlon mendapatkan animo yang besar dari para pecinta olahraga dan masyarakat sekitar Taman Nasional Alas Purwo.

Liputan6.com, Banyuwangi Untuk pertama kalinya Banyuwangi menggelar ajang duathlon yakni Savana Duathlon yang digelar Minggu 15 September 2019 kemarin. 08.00 Wib di Taman Nasional Alas Purwo. Para peserta berkompetisi di ajang yang memadukan olahraga lari dan bersepeda ini.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan Savana Duathlon pertama digelar di Banyuwangi. Ajang ini melengkapi sederet event sport tourism yang telah digelar oleh daerah tiap tahunnya.

“Banyuwangi rutin menggelar event olahraga dalam agenda Banyuwangi Festival, baik lari maupun bersepeda. Kali ini kami hadirkan yang menggabungkan keduanya untuk memberikan pengalaman baru bagi  wisatawan pecinta olahraga duathlon,” kata Bupati Anas.

Pada gelaran yang pertama ini, Savana Duathlon mendapatkan animo yang baik dari para pecinta olahraga. Para peserta datang dari luar negeri seperti Austria, Belanda, Amerika dan Prancis. Sedangkan peserta nasional berasal dari Lampung, Jakarta, Surabaya, Malang, Probolinggo, Jember, Lumajang dan Bali.

“Lewat duathlon ini, kami berharap akan semakin memperbesar jangkauan wisatawan khusus tersebut," kata Anas. 

Event ini sendiri digelar di lokasi yang istimewa, yakni Taman Nasional Alas Purwo. Taman ini berstatus sebagai Geopark nasional dan Cagar Biosfir Dunia. Dengan luas 44.037 hektar banyak keindahan yang bisa dinikmati. Diantaranya terdapat keanekaragaman hayati dan budaya, yang terdiri dari 700 flora, 50 jenis mamalia, 320 burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptil.

 

Peserta menikmati sensasi kompetisi lari dan bersepeda dengan rute yang eksotis sambil menghirup oksigen yang terbersih di dunia.

"Mereka diajak melintasi jalan-jalan yang melintasi pegunungan jati, hutan tropis yang penuh dengan flora fauna yang sangat indah. Ada Banteng, Burung Merak, Harimau dan banyak lagi,” kata Anas.

Ditambahkan Kepala Dinas Olahraga Wawan Yadmadi, sebanyak 170 peserta Banyuwangi Duathlon sebagian besar berisi atlet Triathlon. Triathlon adalah gabungan tiga jenis olahraga yakni lari, bersepeda dan renang. “Terutama peserta yang datang dari luar negeri dan luar kota Banyuwangi,” ujar Wawan.

Para peserta tersebut, lanjut Wawan, tersebar ke dalam empat kategori yang di lombakan. Yakni Kategori A untuk usia 18-39 tahun, Kategori B usia 40-49 tahun, Kategori C untuk 50 tahun keatas dan Kategori Woman Open.

Wawan menambahkan, kompetisi ini mengambil start dan finis Taman Nasional Alas Purwo. Pada etape pertama, peserta mengawali perlombaan dengan berlari sejauh 6,4 km. Start dari Pantai Pancur menuju Triangulasi, sejauh 3,2 km dan kembali lagi ke Pancur 3,2 km.

"Setelah itu, peserta melanjutkan dengan kompetisi bersepeda sejauh 27 km. Start dari Pantai Pancur menuju Rowobendo, pintu menuju Taman Nasional Alas Purwo sejauh 13,5 km dan kembali lagi ke Pantai Pancur," pungkas Wawan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini