Akbar Tandjung: KPK Harus Didukung Penuh

Oleh Liputan6.com pada 16 Sep 2019, 05:31 WIB
Akbar Tandjung Dukung Petisi Tolak Hak Angket

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tandjung mendukung penuh terhadap penguatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Akbar menilai, KPK memiliki peran signifikan untuk memberantas korupsi di Indonesia.

"Kalau saya berpedapat KPK tetap harus kita berikan dukungan penuh, karena membangun sistem pemerintahan kita yang bersih, berwibawa, dan efektif. Kita beri kepercayaan penuh kepada lembaga KPK itu. Itu aja," kata Akbar di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Minggu 15 September 2019.

Menurut Akbar, protes masyarakat yang menganggap KPK dilemahkan perlu diserap. Mantan ketum Golkar tersebut menilai beda pandangan antara elit dan rakyat adalah hal wajar.

"Ya kan demokrasi tidak bisa dihindari. Aspirasi rakyat kita berikan kebebasan untuk sampaikan untuk bangsa dan negara kenapa tidak. Itu aja yang penting, bisa aja ada perbedaan. Masyarakat juga bsia beda, sama petinggi politik," katanya.

Sebelumnya, rencana pemerintah dan DPR yang akan merevisi Undang-Undang KPK menuai pro dan kontra. Pemerintah berencana merombak sejumlah aturan yang telah diterapkan KPK saat ini.

Salah satu yang dirubah adalah terkait penyadapan yang harus izin dari Dewan Pengawas. Lalu, usulan adanya SP3 suatu kasus hingga pegawai KPK menjadi ASN (aparatur sipil negara).

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

2 of 2

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓