HNW Berharap Lembaga Lain Dilibatkan Sosialisasi Empat Pilar, tapi Jangan Overlapping

Oleh Moch Harunsyah pada 16 Sep 2019, 03:33 WIB
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW)

Liputan6.com, Makassar - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan, sosialisasi Empat Pilar MPR RI akan diteruskan pimpinan MPR periode selanjutnya. Menurutnya, hal itu dituangkan dalam rekomendasi untuk pimpinan MPR periode 2019-2024.

Tapi ada yang berbeda dalam konsep dan penterjemahan dalam sosialisasi. Dia menambahkan, nantinya sosialisasi akan melibatkan lebih banyak pihak.

"MPR kan ada badan pengkajian, badan sosialisasi. Mereka melakukan evaluasi terhadap perjalanan sosialisasi selama 1 periode ini. Dan memang dari evaluasi-evaluasi itu yang pertama perlu dilanjut dan diperluas. Ini perlu menghadirkan keterlibatan lebih luas lagi," ujar dia usai gelaran sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu 15 September 2019.

Dia melanjutkan, langkah Presiden Jokowi yang meluluskan usulan MPR untuk membantu menyosialisasikan Empat Pilar sudah tepat. Yakni dengan hadirnya Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP.

Namun sayang, seringkali BPIP tidak lebih dulu berkoordinasi dengan MPR. Sebab sosialisasi Empat Pilar MPR RI dan Pancasila harus berkesinambungan.

"Tentu berharap ke depan kerjasama yang lebih baik lagi antara BPIP dan MPR. Karena yang sekarang ini dilihat ada overlapping. Ya seharusnya BPIP pun menyiapkan konsep-konsep dasar tentang gimana disosialisasikan," ujar dia.

 

2 of 3

Pelibatan Lembaga Lain

HNW menambahkan, perlunya lembaga lain mengambil inisiatif dan turut serta ikut mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI.

Bukan berarti tugas mensosialisasikan hanya milik MPR dan BPIP, melainkan beberapa lembaga negara lainnya.

"Termasuk dari bagian evaluasi adalah perlibatan lebih banyak pihak lagi. Selain anggota MPR, BPIP, tapi ya juga lembaga negara yang lain. Misalnya itu lembaga pertahanan melakukan kegiatan bela negara. Dan bela negara pasti ada kegiatan tentang 4 pilar MPR ini," tutur dia.

Dia menegaskan, semakin banyak yang ikut menyosialisasikan dan berperan akan lebih cepat tertanam nilai-nilai kebangsaan. Ditambah lagi lembaga-lembaga yang ikut mampu bersinergi.

"Maka itu saya usulkan agar ada kerjasama," ujar dia.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by