Sukses

BMKG: Kemarau Terjadi di Seluruh Wilayah Indonesia

BMKG juga memprediksi, kekeringan banyak terjadi di wilayah Jawa, Bali serta Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyampaikan bahwa saat ini seluruh wilayah Indonesia telah memasuki musim kemarau.

Dwikorita mengatakan, umumnya curah hujan pada Dasarian I September 2019 berada pada kriteria rendah. Yakni 0-50 milimeter perdasarian.

"Curah hujan menengah 50-150 milimeter perdasarian terjadi di Aceh, Sumut Sumbar, Kaltara dan Kaltim bag timur," katanya di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Sabtu, (14/9/2019).

Sifat hujan pada dasarian I September 2019, ia melanjutkan, umumnya bersifat bawah normal. Sedangkan sifat hujan atas normal terjadi di Aceh bagian utara, Sumbar selatan, Jatim bagian timur, NTT bagian timur, dan Kaltim bagian tengah.

BMKG juga memprediksi, kekeringan banyak terjadi di wilayah Jawa, Bali serta Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Musim Hujan Dimulai November

BMKG memprediksi, awal masuk musim hujan diprediksi pada November minggu pertama. Dan menurut peta cuaca yang ditampilkan, pada Desember hampir seluruh wilayah Indonesia memasuki musim hujan.

Sedangkan, untuk musim puncak penghujan, BMKN menyampaikan bahwa setiap daerah berbeda-beda. Namun sebagian besar pada Januari dan Februari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.