Sukses

Ruangguru Raih Penghargaan Bergengsi di Hungaria

Salah satu inovasi Ruangguru dalam hal ini adalah keberhasilannya untuk mendorong aksesibilitas pendidikan berkualitas di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Ruangguru menjadi perusahaan asal Indonesia dan Asia Tenggara pertama yang menerima penghargaan tunggal ITU Global Industry Awards untuk kategori Digital Inclusion & Principles dalam forum internasional ITU Telecom World 2019 yang diselenggarakan di Budapest, Hungaria pada 9-12 September 2019.

Penghargaan Global Industry Awards diberikan kepada sebuah perusahaan besar sebagai bentuk pengakuan dan apresiasi terhadap solusi menjanjikan dan inovatif yang dihasilkannya untuk memperjuangkan inklusi digital dan kemajuan sosial.

Salah satu inovasi Ruangguru dalam hal ini adalah keberhasilannya untuk mendorong aksesibilitas pendidikan berkualitas di Indonesia.

Selain memberikan konten-konten yang berkualitas, Ruangguru juga berhasil mengurangi konsumsi kapasitas data (bandwidth) rata-rata sebanyak 80 persen untuk setiap dari ribuan video belajar yang ada di aplikasi Ruangguru.

Dengan demikian, pengguna aplikasi di daerah dengan konektivitas rendah pun dapat mengakses produk Ruangguru dengan baik.

Menurut Vice President Ruangguru Ritchie Goenawan, berkat karya tim teknologi Ruangguru, bisa membuktikan dukungan penuh pihaknya terhadap penyetaraan akses, khususnya bagi semua pelajar di daerah-daerah terpencil (last mile connectivity solution).

"Selain itu, hal ini juga merupakan bentuk nyata dukungan kami terkait perkembangan SDM untuk visi Indonesia Maju dan sustainable development goals yang dicanangkan PBB, khususnya pendidikan berkualitas, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta mengurangi kesenjangan sosial," ujar Ritchie yang mewakili Ruangguru dalam menerima penghargaan ini di Hungaria, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (13/9/2019).

Sementara itu, menurut Pendiri dan Chief Product Officer Ruangguru Iman Usman, ini adalah pertama kalinya perusahaan Indonesia menjadi penerima penghargaan tunggal dalam ITU Global Industry Awards.

Iman menilai, sangat jarang sebuah perusahaan startup bisa memenangkan penghargaan di kategori untuk perusahaan besar seperti ini.

"Misalnya, tahun ini di kategori lain, penghargaan serupa diperoleh oleh Huawei China dan KT Corporation Korea. Ini merupakan kehormatan yang luar biasa, bahwa dampak sosial, inovasi teknologi, model bisnis, skala penggunaan, dan program-program sustainability (berkelanjutan) yang kami lakukan di Ruangguru bisa diakui dan bersaing secara global," ucap Iman.

Pada Hari Inklusi Indonesia, salah satu rangkaian acara ITU Telecom World 2019, Ruangguru juga memberikan presentasi di hadapan para hadirin forum terkait pertumbuhan pesat Ruangguru di paviliun Indonesia persembahan BAKTI KOMINFO (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang ITU

ITU adalah lembaga naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB yang secara khusus menangani industri teknologi komunikasi dan informatika dunia.

ITU Telecom World 2019 merupakan suatu rangkaian seminar, presentasi, pameran, dan penghargaan bagi para pemangku kepentingan industri teknologi komunikasi dan informatika dunia.

Forum tersebut mempertemukan institusi pemerintahan, pembuat kebijakan, investor, serta korporasi dan usaha kecil dan menengah bidang teknologi dalam cakupan global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.