Sukses

Anak BJ Habibie: Bapak Meninggalkan Dunia Ini Usai Dicium Keluarga

Ilham mengatakan, rasa cinta mempunyai makna besar dalam hidup sang ayah, BJ Habibie.

Liputan6.com, Jakarta - Putra sulung Presiden ke-RI BJ Habibie, Ilham Akbar mengatakan, sang ayah meninggal dikelilingi cinta dari keluarga dan sahabat. Demikian dikatakan Ilham saat memberikan sambutan saat upacara pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

"Bapak dikelilingi keluarga, sahabat, teman seperjuangan, teman, dan semua berdoa untuk bapak. Dan satu demi satu mencium pada waktu beliau mulai wafat. Dengan rasa cinta itu lah, bapak meninggalkan dunia ini," kata Ilham, Kamis (12/9/2019).

Dia mengatakan, rasa cinta mempunyai makna besar dalam hidup sang ayah. Hidup BJ Habibie pun, kata dia dapat digambarkan sebagai perjuangan untuk kebaikan.

"Ada beberapa contoh, perjuangan untuk mengadakan teknologi dan industri di Indonesia demi kemajuan bangsa dan negara. Bapak pula perjuangkan Islam dan demokrasi di Indonesia agar supaya ditujukan kepada dunia bahwa keduanya kompatibel," kata dia.

Ilham mengatakan, kehilangan bapak, sahabat, panutan, negarawan, inspirator, dan idola. Kematian sang ayah, kata dia, merupakan contoh kehidupan.

BJ Habibie meninggal pada Rabu 11 September 2019 pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat karena sakit.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.