Jenazah BJ Habibie Tiba di TMP Kalibata

Oleh Fachrur Rozie pada 12 Sep 2019, 13:32 WIB
Dimakamkan Secara Militer, Jenazah BJ Habibie Diserahkan Kepada Negara

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah Almarhum BJ Habibie diberangkatkan dari rumah duka di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, menuju Taman Makam Pahlawan Kalibata (TMP). Bapak Demokrasi bangsa itu akan dimakamkan bersebelahan dengan sang istri tercinta, Hasri Ainun Habibie. 

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Kamis (12/9/2019), jenazah BJ Habibie tiba di TMP Kalibata sekitar pukul 13.30 WIB. Kondisi lingkungan sekitar pun ramai masyarakat yang bermaksud menghadiri pemakaman sang Presiden Ketiga Republik Indonesia itu.

BJ Habibie akan dimakamkan pada pukul 13.30 WIB. Prosesi upacara pemakaman sendiri akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Makam BJ Habibie menempati kavling 120. Sang istri yang lebih dulu wafat berada di kavling 121, atau tepat di sebelah kanannya. Sementara Ani Yudhoyono berada di kavling 129 tepat berada di depan makam BJ Habibie.

Sementara di sebelah kanan, terdapat makam mantan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Widjojo Nitisastro.

Kemudian di belakang makam BJ Habibie ada makam Wakil Presiden ke-4 RI H Umar Wirahadikusumah dan Pahlawan Nasional Abdul Haris Nasution (AH Nasution).

Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie meninggal dunia Rabu malam, 11 September 2019. Ia mengembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 18.05 WIB usai menjalani perawatan intensif di RSPAD, Jakarta.

BJ Habibiemeninggal dunia dalam usia 83 tahun dan wafat karena gagal jantung. 

2 of 2

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓