Sukses

Sosok BJ Habibie di Mata Wapres Jusuf Kalla

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenang sosok BJ Habibie sebagai orang yang sangat baik.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenang sosok BJ Habibie sebagai orang yang sangat baik dan menghabiskan waktu untuk membangun bangsa dengan teknologi serta demokrasi. Presiden ke-3 Republik Indonesia itu wafat di RS Gatot Subroto, Rabu 11 September 2019.

"Karena beliau telah menghabiskan waktunya untuk membangun bangsa ini dalam dua hal yang sangat penting. Teknologi dan juga demokrasi bangsa ini," kata JK di kantornya, Jalan Merdeka Utara, Kamis (12/9/2019).

JK mengatakan tidak mudah seorang tokoh dapat menyatukan antara teknologi dan negarawan. BJ Habibie, kata dia, adalah sosok yang senang memberikan ilmu kepada generasi muda.

"Tidak mudah menyatukan hal itu tidak banyak. Bung Karno juga seorang insinyur tadi lebih kepada politik. Kalau beliau lebih kepada implementasi teknologi, terus pemerintahan," ungkap JK soal BJ Habibie.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suka Berbagi Ide

Sosok Habibie yang lahir di Parepare selalu teringat oleh JK. Memiliki ide yang membantu pemerintahan dan senang memberikan penjelaskan kepada generasi muda.

"Sejak awal saya mengenal beliau karena mengenal ide-ide beliau yang dulu banyak hal termasuk , dia sangat senang untuk memberikan penjelaskan kepada generasi muda, IPTEK," kata JK.

Sebelumnya Wapres JK sempat menjenguk Habibie kemarin. Habibie berpulang dalam perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Mantan menteri riset dan teknologi ini meninggal dalam usia 83 tahun karena sakit.

Di kabarkan sebelumnya, Habibie menjalani perawatan intensif oleh tim dokter kepresidenan di RSPAD sejak 2 September 2019. Kondisi pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 ini sempat membaik pada Selasa (10/9).

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.