Sukses

BJ Habibie Meninggal, Kantor Pemerintahan Kota Bogor Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Habibie dinilai sosok yang sukses membawa Indonesia menjadi negara demokratis.

Liputan6.com, Bogor - Seluruh kantor pemerintahan maupun lembaga di Kota Bogor, Jawa Barat mengibarkan bendera setengah tiang sebagai tanda berduka atas wafatnya Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie  atau BJ Habibie.

"Sesuai arahan Mensesneg kita akan menetapkan hari berkabung selama 3 hari dan memberi penghormatan setinggi-tingginya untuk almarhum," kata Wakil Wali Kota Bogor, Dedi A. Rachim, Rabu (11/9/2019).

Seluruh masyarakat Kota Bogor juga diimbau untuk mendoakan almarhum BJ Habibie. Menurutnya, BJ. Habibie merupakan salah seorang seorang tokoh yang membawa kondisi demokrasi seperti yang dinikmati saat ini.

Ia menilai Habibie merupakan sosok yang sukses membawa Indonesia menjadi negara demokratis. Habibie mampu membawa Indonesia lepas dari stigma orde baru menjadi negara demokrasi. Hal tersebut dibuktikan melalui suksesnya penyelenggaraan Pemilu 1999.

"Sebuah kehilangan besar bagi bangsa Indonesia atas wafatnya Bapak BJ Habibie. Kami mendoakan semoga Allah SWT melapangkannya menuju surga," tuturnya.

Almarhum BJ Habibie wafat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Rabu petang pada pukul 18.05 WIB. Jenazah BJ Habibie akan dimakamkan di sebelah pusara istri tercinta, almarhumah Ainun Habibie di slot 120-121 di TMP Kalibata, Jakarta pada Kamis (12/9/2019).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkaian Proses Pemakaman

Jenazah Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie saat ini berada di rumah duka Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Rencananya, jenazah BJ Habibie akan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Menurut Sekretaris pribadi BJ Habibie, Rubijanto, sebelum diberangkatkan ke TMP Kalibata, jenazah BJ Habibie akan diserahkan dari pihak keluarga ke pemerintah. Upacara penyerahan jenazah Habibie itu akan berlangsung di rumah duka pada pukul 12.30 WIB.

"Selanjutnya pada pukul 13.00 WIB, jenazah diberangkatkan dari rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII / 3 Jaksel menuju TMP Kalibata," kata Rubijanto dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Sesampainya di TMP Kalibata, prosesi pemakaman BJ Habibie akan digelar. Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menjadi inspektur dalam upacara tersebut.

"Pukul 13.30 WIB, Prosesi Upacara Pemakaman Jenazah di TMP Kalibata. Inspektur upacara Presiden RI Bapak Ir. H. Joko Widodo," ucap Rubijanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.