Sukses

Anies Baswedan: Pak BJ Habibie yang Dorong Kebebasan Pers

Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) meninggal dunia dalam usia 83 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) meninggal dunia dalam usia 83 tahun. Almarhum dirawat di RSPAD sejak 1 September lalu.

Gubernur DKI Anies Baswedan, turut mensalatkan jenazah almarhum di Rumah Jenazah RSPAD. Masih menggunakan baju dinasnya, dia juga sempat mengantarkan jenazah masuk ke dalam mobil, untuk di bawa ke rumah duka.

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini, memandang bahwa banyak yang sudah ditorehkan BJ Habibie. Dari pembuat pesawat N250 Gatot Kaca, pesawat buatan Indonesia pertama.

"Pak Habibie adalah orang yang paling mendorong UU Nomor 40 tahun 1999 tentang pers. Kebebasan Pers dimulai oleh Pak Habibie, sebelumnya, kita menyaksikan tidak ada kebebasan itu. Pak BJ Habibie hadir membuka kran kebebasan pers yang kita rasakan sampai sekarang. Jasa beliau luar biasa," kata Anies di RSPAD, Jakarta, Rabu (12/9/2019).

Selain itu, kata dia, almarhum menjadi ikon seorang anak yang pintar.

"Orang tua biasa mengatakan pada anaknya, nak belajar yang rajin supaya bisa seperti Pak BJ Habibie. Pak habibie adalah inspirasi bagi jutaan orang di seluruh Indonesia. Anak-anak muda belajar supaya bisa seperti Pak Habibie," jelas Anies.

Dia mengutarakan, banga Indonesia kehilangan seorang negarawan, seorang guru bangsa, seorang pendidik, dan seorang ilmuan.

"Dan saya pribadi, kenal Pak Habibie sejak saya kelas 3. Waktu itu saya sekolah di Jogja, datang ke Jakarta untuk mewawancara beliau sebagai Menristek. Sesudah itu kemudian hubungan terbangun terus menerus sampai masa akhirnya," kata Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Khusnul Khotimah

Dia pun berdoa untuk yang terbaik bagi almarhum. Bahkan dirinya merasa yakin, apa yang dihasilkan Habibie, pasti memberikan manfaat bagi bangsa.

"Inya Allah beliau Khusnul Khotimah dimuliakan di sisi Allah derajatnya, dilapangkan kuburnya, dan insya Allah kita semua anak-anak penerus Pak Habibie bisa terus meneruskan perjuangannya," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.