Anies Baswedan Sebut BJ Habibie Sosok Inspirasi bagi Jutaan Keluarga

Oleh Ika Defianti pada 11 Sep 2019, 21:22 WIB
20170126-Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ke BJ Habibie-Jakarta- Yoppy Renato

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenang Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie sebagai sosok yang menjadi inspirasi jutaan keluarga dan anak-anak. Sebab selama bertahun-tahun semua keluarga menginginkan anak-anaknya hebat seperti Habibie.

"Pengalaman kita semua jutaan rumah tangga di Indonesia selama bertahun-tahun orang tua mengingatkan anak-anak 'Nak belajar yang rajin, biar bisa seperti Pak Habibie'. Pak Habibie itu inspirasi bagi jutaan rumah tangga, jutaan anak-anak," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga mempunyai pengalaman yang tak terlupakan kala bertemu Habibie untuk pertama kalinya. Ketika ia duduk di kelas 3 SMA di Yogyakarta dan berkesempatan mewawancarai Habibie saat menjadi Menteri Negara Riset dan Teknologi.

Hingga akhirnya Anies bertugas di Jakarta pun, hubungan silahturahmi dengan Habibie masih berjalan dengan baik. Beberapa kali keduanya mengobrol bersama.

Dia juga menyebut jasa Habibie dalam dunia pendidikan tak terlupakan. Ribuan anak-anak dapat melanjutkan pendidikan berkat sosok Habibie.

"Jadi Indonesia berduka kita semua berduka kami berduka, Insyaallah kami percaya Pak Habibie dimuliakan di sisi Allah dan amal jariyah luar biasa panjang. Kita semua kehilangan," jelasnya.

2 of 3

Wafat di Usia 83 Tahun

6 Potret Kebersamaan BJ Habibie dan Ainun, Dari Muda Hingga Akhir Hayat
6 Potret Kebersamaan BJ Habibie dan Ainun, Dari Muda Hingga Akhir Hayat (sumber: Brillio.net)

Sebelumnya, BJ Habibie tutup usia pada umur 83 tahun di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Faktor usia, menurut anak keduanya, adalah penyebab utama mangkatnya Bapak Teknologi Indonesia ini.

3 of 3

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓