Sukses

Jokowi Akan Pimpin Upacara Pemakaman BJ Habibie

Rencananya, jenazah BJ Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan, Kamis besok 21 September 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-3 RI BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Rabu (11/9/2019). Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memimpin upacara pemakaman Habibie.

"Besok Insyaallah upacara dipimpin Bapak Presiden. Mohon doanya agar persiapan bagus dan almarhum semoga khusnul khatimah," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Kemensetneg Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Rencananya, jenazah BJ Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan, Kamis besok 21 September 2019. Menurut Pratikno, Habibie akan dimakamkan tepat di sebelah makam sang istri, almarhumah Ainun Habibie.

"Kami koordinasi ke Garnisun, slot makam di samping almarhumah Ainun Habibie. Di slot 120-121," ucapnya.

"Jam berapa belum diputuskan. Ini suasana sangat berduka," sambung Pratikno.

Dia berharap, malam ini akan diputuskan, jam berapa pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bendera Setengah Tiang

Pratikno mengatakan, Presiden Jokowi selalu memperhatikan kondisi kesehatan Habibie. Pemerintah pun menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari.

"Jadi kita menetapkan berkabung nasional selam tiga hari. Jadi nanti (hari ini) sampai tanggal 14 September," ucapnya.

Pratikno juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia mengibarkan bendera setengah tiang mulai malam ini hingga Minggu, 14 September 2019. Selain masyarakat, kantor-kantor pemerintah baik di dalam maupun luar negeri juga diminta untuk mengibarkan bendera setengah tiang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.