Sukses

SBY: Saat Ini Rasa Permusuhan Menguat dan Membahayakan Bangsa

Di tengah-tengah bangsa Indonesia yang majemuk ini, menurut SBY, kasih sayang adalah sebuah harga mati.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berpidato di hadapan para kadernya di Puri Cikeas, Bogor.

Dalam pidatonya, Ia menyinggung mengenai masyarakat yang baik atau good soceity. Menurut Ketua Umum Partai Demokrat itu, tidak ada resep yang ajeg dalam membangun suatu masyarakat yang baik. Di setiap literatur memiliki ramuan yang berbeda-beda.

Kendati begitu, jika dikontekskan dalam masyarakat Indonesia, SBY menilai ada dua prasyarat, yaitu kasih sayang dan rasa persaudaraan.

Di tengah-tengah bangsa Indonesia yang majemuk ini, menurut SBY, kasih sayang adalah sebuah harga mati.

"Pertama adalah kasih sayang atau love di antar kita dan bukan kebencian atau hated," kata SBY di Puri Cikeas, Bogor, Senin (9/9/2019).

Sementara itu, lanjutnya, prasyarat kedua ialah membangun persaudaraan dengan sesama masyarakat. Termasuk dengan masyarakat yang berbeda identitas dengan kita.

"Kedua rasa persaudaraan dan bukan membangun jarak atau permusuhan dengan masyarakat yang berbeda," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permusuhan Menguat

SBY melihat beberapa tahun ini masyarakat Indonesia kehilangan kedua prasyarat tersebut. Yang ia lihat justru sebaliknya, masyarakat Indonesia membangun jarak dengan yang bukan sesama identitasnya.

"Terus terang rasa persaudaraan dan kasih sayang ini melemah. Sebaliknya rasa permusuhan menguat ini lampu kuning yang membahayakan masyarakat dan bangsa kita," ucap SBY.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini